Salin Artikel

Kim Jong Un Diyakini Bakal Berkunjung ke Rusia dalam Waktu Dekat

Hal tersebut setelah seorang pejabat tinggi Korut, Kim Chang Son diketahui tengah melakukan perjalanan ke Moskwa dan Vladivostok.

Kunjungan Kim Chang Son, yang disebut sebagai tangan kanan Kim Jong Un, dikatakan untuk membicarakan rencana perjalanan penting pemimpin tertinggi Korea Utara ke Rusia.

"Menurut sejumlah sumber informasi, kunjungan itu sedang dalam pembahasan," kata salah seorang senator Rusia, Alexander Bashkin, kepada RIA Novosti.

"Kemungkinan kunjungan itu akan terjadi pada musim semi atau musim panas tahun ini, tetapi waktu pastinya belum disepakati," tambahnya, dikutip Russian Times, Senin (25/3/2019).

Rencana kedatangan pemimpin tertinggi Korea Utara ke Rusia telah mulai dibahas sejak tahun lalu, saat ketua majelis tinggi parlemen Rusia, Valentina Matvienko, mengutarakannya dalam pembicaraan di Pyongyang.

"Saat itu Matvienko menyampaikan undangan kepada Kim Jong Un dan diterima," kata Baskin.

Dilansir Yonhap News, Kim Chang Son, sekretaris utama komisi urusan luar negeri Korea Utara, yang bertanggung jawab dalam urusan protokol untuk Kim Jong Un, telah berada di Rusia sejak 19 Maret.

Dia berada lima hari di Moskwa melalui Beijing, sebelum kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalur udara ke Vladivostok pada 23 Maret lalu.

Kunjungan ke kawasan Timur Jauh Rusia itu diperkirakan untuk meninjau calon lokasi pertemuan puncak Kim Jong Un dengan Presiden Vladimir Putin.

Pyongyang belum berkomentar mengenai laporan rencana kunjungan Kim Jong Un ke Rusia tersebut.

Juru bicara kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov mengatakan, perjalanan tersebut telah dibahas dan dipersiapkan untuk waktu yang lama.

"Kami akan memberi tahun Anda tentang hal itu setelah kami mendapatkan kepastian tempat, waktu pertemuan yang lebih konkret," ujarnya, dikutip TASS.

Kim Jong Un belum pernah sekalipun berkunjung ke Rusia. Berbeda dengan mendiang sang ayah, pemimpin Korea Utara sebelumnya, Kim Jong Il, yang dua kali bertemu pemimpin Rusia, yakni pada masa Dmitry Medvedev dan Vladimir Putin.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/25/19490241/kim-jong-un-diyakini-bakal-berkunjung-ke-rusia-dalam-waktu-dekat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke