Salin Artikel

Setelah Benteng Terakhir ISIS Direbut, Apa Langkah SDF Selanjutnya?

Namun, bukan berarti tugas Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang sudah melancarkan serangan pamungkas sejak September 2018 usai.

Justru, menurut Komandan Tertinggi SDF Mazloum Kobane sebagaimana diberitakan AFP Sabtu (23/3/2019), mereka baru memasuki fase operasi kedua.

Berbicara dalam upacara di ladang minyak Al Omar yang menjadi markas SDF, Kobane berkata pihaknya kini bakal mengincar sleeper cell, atau sel tidur teroris.

Mereka bakal fokus menargetkan sel tidur di sejumlah titik yang pernah dikuasai ISIS, dan berupaya mengurangi ancaman baik di kawasan maupun dunia.

"Kami mengumumkan kepada publik dunia bahwa kami bakal segera memulai fase baru melawan kelompok teroris tersebut," ujar Kobane dalam pidatonya.

Kobane meminta agar koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) tetap memberikan bantuan dalam menumpas secara total kelompok ekstremis itu.

Utusan koalisi William Roebuck yang mendapat kesempatan berbicara setelah Kobane juga mengamini pernyataan komandan tertinggi itu.

"Saya sepakat bahwa kami masih mempunyai setumpuk pekerjaan yang harus segera diselesaikan untuk mempertahankan kemenangan atas ISIS," tegas Roebuck.

Komentar senada juga datang dari John Spencer, peneliti Institut Perang Modern di West Point yang menjelaskan kampanye melawan ISIS masih jauh dari kata usai.

"Mereka tidak kalah. Dan tentu saja, mereka tidak berniat untuk kalah. Mereka adalah organisasi teroris," tegas Spencer.

Dunia Barat pun mengapresiasi kemenangan yang awalnya diumumkan oleh juru bicara SDF Mustafa Bali melalu kicauannya di Twitter.

Presiden Perancis Emmanuel Macron menyebut kemenangan SDF merebut Baghouz berarti "ancaman teror signifikan yang mereka terima telah menghilang".

Sementara Perdana Menteri Inggris Theresa May menyebut kemenangan aliansi militer Kurdi dan Arab itu merupakan "batu pijakan penting".

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/23/21545001/setelah-benteng-terakhir-isis-direbut-apa-langkah-sdf-selanjutnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke