Salin Artikel

Menlu AS Yakin Trump Dikirim Tuhan untuk Selamatkan Israel dari Iran

Pernyataan itu Pompeo sampaikan dalam wawancara dengan Christian Broadcasting Network di tengah perayaan hari libur Yahudi bernama Purim.

Diwartakan BBC Jumat (22/3/2019), Purim merupakan peringatan di mana tokoh Alkitab bernama Ratu Esther menyelamatkan bangsa Israel dari Persia.

Dalam wawancara, Pompeo sempat ditanyai apakah kondisi yang dialami Trump sama seperti Ratu Esther. "Sebagai Kristiani, saya tentu meyakininya," ujarnya.

"Saya yakin karya Tuhan tengah berlangsung," kata menlu yang notabene mantan Direktur Badan Intelijen Pusat AS (CIA) tersebut.

Dia juga memuji upaya yang dilakukan pemerintahan Trump untuk memastikan demokrasi di kawasan Timur Tengah, terutama kelangsungan Israel, dapat terus berjalan.

Ucapan Pompeo langsung menuai kritikan dari mantan juru bicara Kementerian Luar Negeri, Laksamana Muda (Pur) John Kirby, kepada CNN.

Dalam penilaian Kirby, ucapan Pompeo yang sembrono karena menganggap Trump dikirim Tuhan tidak hanya menggelikan. Namun juga berbahaya, memalukan, dan tak bertanggung jawab.

Bagi kelompok ekstremis, gagasan dari Pompeo memberi kenyamanan bagi mereka yang selama ini melihat negara Barat sebagai "tentara salib".

"Sementara kelompok lain bakal menjadi gelisah karena selama ini, mereka menganggap AS sebagai pelindung kebebasan beragama dan sipil," terang Kirby.

Pompeo bukanlah pejabat publik pertama yang mengaitkan presiden berusia 72 tahun tersebut dengan Tuhan. Sekretaris Pers Sarah Sanders juga pernah mengucapkannya.

Pada Januari, Sanders kepada jaringan telebisi religius mengatakan Tuhan menginginkan Trump agar menjadi orang nomor satu di AS.

Sejak menjadi presiden pada Januari 2017, Trump sudah mengambil sikap keras terhadap Iran. Mei 2018, dia mengumumkan keluar dari perjanjian nuklir 2015.

Adapun hubungannya dengan Israel begitu harmonis. Pada Desember 2017, Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota dari Israel.

Kemudian Kamis (21/3/2019), Trump melontarkan kicauannya di Twitter yang menyatakan Dataran Tinggi Golan diakui sebagai wilayah Israel.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/23/16162601/menlu-as-yakin-trump-dikirim-tuhan-untuk-selamatkan-israel-dari-iran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke