Salin Artikel

Militer Pakistan Bebaskan 4 Tentara Iran yang Ditahan Kelompok Militan

Aksi penyelamatan dilakukan di Distrik Chaghi, Provinsi Balochistan, dekat perbatasan Afghanistan. Demikian disampaikan militer Pakistan dalam pernyataannya, Kamis (21/3/2019).

"Teroris dari organisasi terlarang dilaporkan telah memasuki Pakistan dari Afghanistan bersama dengan tentara Iran yang diculik," tulis pernyataan tersebut.

"Setelah terjadi baku tembak dengan kelompok teroris, empat tentara Iran dapat diselamatkan," lanjut pernyataan itu, dikutip AFP.

Laporan pernyataan militer Pakistan tersebut tidak menjelaskan kapan aksi penyelamatan terjadi, maupun nama kelompok teroris yang menculik para tentara Iran.

Militer Pakistan menyampaikan, tentara yang diselamatkan telah diserahkan kembali ke Iran.

Sementara dari pihak Iran, melalui juru bicara kementerian luar negeri, Bahram Ghasemi, menyampaikan terima kasih kepada Islamabad atas bantuannya dalam menyelamatkan tentara Iran.

"Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kami kepada pemerintah dan tentara Pakistan atas keberhasilan operasi yang membebaskan para penjaga perbatasan kami yang pemberani," tulis pernyataan dalam situs Kementerian Luar Negeri Iran yang dirilis Kamis (21/3/2019).

Ghasemi melanjutkan pernyataannya dengan mengharapkan agar para penjaga perbatasan yang masih ditahan juga akan segera dibebaskan dan dapat kembali ke Iran sesegera mungkin.

Sebelumnya, Oktober tahun lalu, kelompok militan Jaish al-Adl dilaporkan telah menculik 12 personel keamanan Iran dari dekat perbatasan.

Lima personel di antaranya kemudian dibebaskan oleh tentara Pakistan dan dipulangkan ke Iran.

Terlepas dari peran Pakistan dalam membebaskan tentara Iran, hubungan Islamabad dengan Teheran belakangan ini mendapat pukulan keras setelah seorang pelaku pembom bunuh diri asal Pakistan menewaskan 27 orang Pengawal Revolusi Iran dalam serangan 13 Februari di Provinsi Sistan-Baluchistan.

Kelompok Jaish al-Adl, yang menurut Teheran memiliki basis utama di Pakistan, mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/21/23231021/militer-pakistan-bebaskan-4-tentara-iran-yang-ditahan-kelompok-militan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke