Salin Artikel

Tukang Cukur di Kota Ini Dilarang Beri Model Rambut "Asing" ke Pelanggan

Aturan tersebut disertai dengan denda yang cukup besar apabila ada tukang cukur anggota asosiasi yang nekat memberikan potongan rambut asing dan janggut bergaya kepada pelanggannya.

Perintah asosiasi tersebut telah ditempel di setiap pintu toko tukang cukur di Kota Bhuapur. Setiap tukang cukur memberi model rambut yang melanggar aturan maka akan dikenai denda sebesar 40.000 taka (sekitar Rp 6,6 juta).

Gaya rambut flamboyan yang diadopsi dari tayangan film pahlawan Bollywood dan Hollywood, maupun gaya rambut para pemain kriket papan atas, telah menjadi semakin populer di kalangan muda di Bangladesh, di mana menampilkan potongan rambut pendek dan tipis.

Ketua Asosiasi Tukang Cukur Bhuapur, Shekhar Chandra mengatakan, larangan tersebut diambil setelah mendapat masukan dari kepala polisi setempat.

"Kepala polisi kota meminta kami untuk tidak memotong rambut dan janggut pelanggan mengikuti model Barat. Dia mengatakan gaya rambut dapat merusak generasi muda kami," ujarnya kepada AFP, Kamis (21/3/2019).

Chandra menambahkan, para tukang cukur di kota-kota tetangga, seperti Sakhipur dan Basail, juga telah mengadopsi langkah-langkah yang sama.

Pejabat kepolisian Bhuapur, Rashedul Islam mengatakan, pihaknya mengajukan permohonan larangan tersebut kepada asosiasi tukang cukur setelah mendapat keluhan dari para orangtua, wali, dan guru.

Para orangtua tersebut mendesak kepada pihak kepolisian untuk mengambil langkah antisipasi guna mencegah anak-anak mereka untuk mendapat potongan rambut bergaya asing.

"Saya pun meminta para tukang cukur untuk datang dan mengajak mereka minum teh bersama. Setelahnya saya menyampaikan permohonan kepada mereka untuk tidak mencukur rambut anak-anak seperti yang dilakukan oleh pemuda bandel," kata Islam.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/21/21041301/tukang-cukur-di-kota-ini-dilarang-beri-model-rambut-asing-ke-pelanggan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.