Salin Artikel

SDF Tegaskan Pertempuran Terakhir Lawan ISIS Belum Selesai

Penyataan itu disampaikan Pasukan Demokratik Suriah (SDF). Aliansi paramiliter Kurdi dan Arab yang didukung oleh koalisi Amerika Serikat (AS).

Penguasaan atas Baghouz, sebuah desa dekat perbataan Irak bakal menandai berakhirnya kekuasaan ISIS sejak mendeklarasikan diri pada 2014.

Setelah pertempuran yang berlangsung beberapa pekan, SDF yang didukung gempuran jet tempur koalisi AS merebut kawasan permukiman sementara ISIS.

Serangan itu memaksa anggota ISIS yang tersisa bertahan di daerah kecil tepi Sungai Eufrat. Media Kurdi Suriah Hawar News sempat menyatakan seluruh Baghouz telah direbut.

Kabar itu membuat pejabat SDF bidang media menyanggah. "Saat ini, penyisiran terhadap area kamp di Baghouz masih terus dilakukan," ujar pejabat itu dikutip Reuters Kamis (21/3/2019).

"Tidak benar jika beredar laporan bahwa kami telah membebaskan sepenuhnya desa itu," tambah pejabat SDF. Hawar dilaporkan langsung menghapus unggahan itu.

Perkembangan situasi di Baghouz juga dipantai Presiden AS Donald Trump yang dengan yakin menyatakan "titik kecil" yang menjadi kekuasaan terakhir ISIS bakal terhapus dari peta.

Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Yves Le Drian yang negaranya berpartisipasi dalam koalisi berharap pengumuman kekalahan ISIS bakal terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Meski nantinya wilayah ISIS di Baghouz dapat direbut, ancaman masih bisa dirasakan karena anggota yang bersembunyi bisa melancarkan serangan mendadak.

Militer AS memperingatkan masih terdapat puluhan ribu anggota ISIS yang tersebar dari Irak maupun Suriah, dengan sumber daya yang cukup untuk membuka kembali konflik.

Washington memercayai Irak menjadi lokasi persembunyian pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi yang sempat kabur setelah beredar leporan dia dikudeta.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/21/19325011/sdf-tegaskan-pertempuran-terakhir-lawan-isis-belum-selesai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke