Salin Artikel

Trump Kesal Tak Dapat Ucapan Terima Kasih Terkait Pemakaman McCain

Dalam kunjungannya ke pabrik tank di Ohio, Rabu (20/3/2019), Trump mengaku telah memberikan pemakaman sesuai dengan keinginan McCain.

"Saya menyetujui permintaannya, dan memberinya pemakaman sesuai dengan keinginannya, di mana sebagai Presiden saya harus menyetujuinya," katanya, seperti dikutip dari CNN.

"Saya tidak tidak dapat terima kasih. Tidak apa-apa. Saya bukan penggemar John McCain," ucapnya.

Seperti diketahui, McCain meninggal pada tahun lalu akibat kanker otak. Sebagai bagian dari penghormatan atas jasanya sebagai veteran Perang Vietnam, dia dibaringkan di gedung Capitol di Washington DC.

Trump memang menyetujui penerbangan militer jenazah McCain dari Arizona ke Washington.

Sebelum meninggal, McCain tidak menginginkan kehadiran Trump pada pemakamannya.

Saat upacara pemakaman berlangsung, Trump memilih untuk meninggalkan Washington DC dan pergi ke lapangan golfnya di Virginia.

Upacara pemakaman McCain di Washington DC digelar sebelum dia dikuburkan di Akademi Angkatan Laut AS, dekat Annapolis, Maryland.

Kendati Trump tak diundang, nampak putrinya, Ivanka Trump bersama suaminya, Jared Kushner, duduk di kursi tamu.

Turut hadir pula mantan presiden AS George W Bush dan Barack Obama. Selain mereka, terlihat pula Bill dan Hillary Clinton, sejumlah mantan wakil presiden AS seperti Al Gore, Dick Cheney, dan Joe Biden.

Sebelumnya, Trump juga memunculkan kembali perseteruannya dengan mendiang McCain pada Sabtu lalu.

Seperti bisa, Trump berkicau di Twitter baggwa McCain telah mendukung apa yang disebut sebagai Steele dossier, dokumen 2016 yang mengklaim hubungan anatara Trump dan Rusia.

"Ayah saya akan berpikir itu sangat lucu sehingga presiden kami sangat iri padanya," kata putri McCain, Meghan, kepada ABC ketika menanggapi pernyataan Trump.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/21/12273401/trump-kesal-tak-dapat-ucapan-terima-kasih-terkait-pemakaman-mccain

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke