Salin Artikel

Biografi Tokoh Dunia: Putri Margaret, Adik Ratu Elizabeth II yang Kontroversial

Seperti Putri Margaret, adik dari Ratu Elizabeth II, yang kerap memamerkan gaya hidupnya yang sangat berani, liar, dan tak jarang menjadi kontroversial.

Selalu hidup dalam bayang-bayang sang kakak yang menjadi penguasa monarki, dia justru mendapat julukan sebagai "party princess" karena gemar minum, merokok, dan menjalin pertemanan dengan selebriti.

Seperti apa kisahnya selama masih hidup di dunia?

Kehidupan awal

Putri Margaret Rose lahir pada 21 Agustus 1930 di Istana Glamis, Skotlandia. Dia adalah putri kedua dari Duke dan Duchess of York kala itu.

Dia juga menjadi anggota kerajaan Inggris pertama yang lahir di Skotlandia dalam lebih dari 300 tahun.

Meski orangtuanya berharap memanggilnya Ann, namun kakeknya, Raja George V, memilih nama Margaret Rose, untuknya.

Pendaftaran kelahiran Putri Margaret harus ditunda selama beberapa untuk menghindari nomor 13 dalam daftar paroki.

Ketika Raja Edward VIII turun takhta karena lebih memilih menikahi orang Amerika bernama Wallis Simpson, kehidupannya seketika berubah.

Sebagai seorang anak, Putri Margaret menyukai berenang dan menunjukkan bakat dalam piano.

Dia dididik di Istana Buckingham, namun pindah ke Istana Windsor setelah pecahnya Perang Dunia II.

Margaret dan Elizabeth menikmati pengasuhan yang relatif biasa bagi anak-anak dari keluarga kerajaan.

Meski jarak usianya dekat, mereka tidak saling menentang untuk bersaing antara saudara.

Kisah cinta kontroversial

Setelah perang, Putri Margaret lebih sering muncul di publik. Berbeda dengan kakaknya, dia mengembangkan reputasi glamor yang menikmati sosialisasi hingga larut malam.

Kehidupannya dipenuhi dengan kemewahan, bahkan sarapan di tempat tidur dengan penutup vodka.

Saat pernikahan Elizabeth pada 1947, dia tampak membantu sebagai pengiring pengantin.

Kemudian, Margaret yang baru berusia 20-an tahun awal dikabarkan dekat dengan Kapten Peter Townsend, seorang pahlawan perang dan pengawal kerajaan. Hubungan rahasia mereka terungkap pada penobatan Ratu Elizabeth II pada 1953.

Hubungan keduanya disebut tidak disukai oleh Gereja Inggris dan Parlemen. Namun bagi sang putri muda, hubungan mereka menjadi pengalaman pertamanya dalam romansa percintaan.

Pada April 1953, Townsend melamar Margaret yang berusia 22 tahun.

Karena masih berusia di bawah 25 tahun pada saat itu dan dekat dengan garis suksesi kerajaan, Margaret harus mendapat persetujuan sang ratu untuk pernikahan.

Ratu Elizabeth menghadapi keputusan yang sangat sulit sehingga meminta Margaret untuk menunggu beberapa tahun lagi.

Margaret dan Townsend sepakat dengan permintaan ratu, sehingga berencana untuk menikah begitu Margaret berusia 25 tahun.

"Saya telah memutuskan untuk tidak menikah dengan Peter Townsend. Saya menyadari bahwa dengan melepaskan hak suksesi saya, mungkin bagi saya untuk membuat kontrak pernikahan sipil," tulisnya.

"Tapi mengingat ajaran Gereja, pernikahan Kristen tidak dapat dibatalkan dan sadar akan kewajiban saya kepada Persemakmuran, saya memutuskan untuk menempatkan pertimbangan ini di atas yang lainnya," lanjutnya.

Ratu dan Perdana Menteri Inggris saat itu telah menyusun rencana yang memungkinkan Margaret dan Townsend menikah.

Tapi, setiap anak yang dihasilkan melalui pernikahan semacam itu akan dikeluarkan dari garis suksesi. Tapi Margaret memutuskan untuk tidak menikahi Townsend.

"Dia bisa menikahi saya hanya jika dia siap menyerahkan segalanya, posisi, prestise, dan dompet pribadinya," tulis Townsend dalam otobiografinya, Time and Chance, pada 1978.

Pernikahan dan skandal

Putri Margaret akhirnya menjalin hubungan dengan fotografer Antony Armstrong-Jones dan mengumumkan pertunangan mereka pada Februari 1960.

Armstrong-Jones diangkat sebagai Earl of Snowdon pertama setelah pernikahan pada 6 Mei 1960.

Dalam upara yang spektakuler di Westminster Abbey, pernikahan mereka menjadi yang pertama dalam kerajaan Inggris yang disiarkan di televisi.

Diperkirakan ada 300 juta orang yang menonton pernikahan mereka melalui layar kaca.

Sementara ada 2.000 tamu yang diundang, termasuk mantan perdana menteri Winston Churchill, Ratu Ingrid dari Denmark, serta raja dan ratu Swedia.

Ada 20 kue pernikahan yang tersedia, dan gaunnya terbuat dari lebih dari 30 meter kain. Acara pernikhannya diyakini menelan biaya total 26.000 poundsterling plus 60.000 poundsterling termasuk biaya bulan madu.

Mereka kemudian memiliki dua anak, David dan Sarah.

Pada akhir 1960-an, pernikahan mereka diambang perpisahan. Margaret diketahui memiliki hubungan dengan Roddy Llewllyn.

Margaret dan Armstrong-Jones berpisah tak lama setelah skandal itu menjadi berita utama. Pada Mei 1978, keduanya resmi bercerai.

Perceraian tersebut merupakan yang pertama dalam 400 tahun di anggota keluarga kerajaan Inggris.

Kegiatan amal

Walau paling banyak disoroti masalah gaya hidupnya berlebihan, Putri Margaret terlibat dalam lebih dari 80 kegiatan amal dan organisasi.

Dia bahkan menjadi presiden National Society for the Prevention of Cruelty to Children dan Royal Ballet.

Kematian

Seperti ayahnya, Putri Margaret merupakan perokok berat. Dia menjalani operasi pengangkatan paru-paru bagian kirinya pada 1985.

Dia menghadapi masalah kesehatan yang semakin meningkat di tahun-tahun berikutnya, mengalami serangkaian stroke dan terkena siraman air panas di kamar mandi sehingga kakinya terluka.

Sang putri meninggal pada 9 Februari 2002 di London.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/20/18300321/biografi-tokoh-dunia-putri-margaret-adik-ratu-elizabeth-ii-yang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke