Salin Artikel

Agar Tak Diserang Sesama Napi, Teroris Penembak Masjid Diisolasi

Pengisolasian itu dilakukan untuk menjauhkan kemungkinan dia diserang oleh sesama narapidana.

"Dia akan sangat tidak populer di dalam penjara di mana 80 persen narapidana adalah etnis Maori dan Pasifika (warga kepulauan di Pasifik), sementara dia berideologi supremasi kulit putih," kata Greg Newbold, guru besar kriminologi di Universitas Canterbury, Rabu (20/3/2019).

"Dia tidak memiliki teman, bahkan sesama narapidana berkulit putih," tambah Newbold, yang pernah mendekam di penjara karena kasus narkoba sebelum mengubah hidupnya.

Selandia Baru sudah lama menghapuskan hukuman mati dan pelaku penembakan Brenton Tarrant (28), kemungkinan besar akan dijatuhi hukuman penjara terberat yang pernah ada di negeri itu.

Jika terbukti bersalah, dia bisa dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa kesempatan bebas bersyarat.

Hukuman semacam ini, menurut pengacara Simon Cullen, belum pernah dijatuhkan di Selandia Baru.

Sementara itu, Newbold mengatakan, besar kemungkinan Tarrant akan menghabiskan sisa hidupnya di sel terpisah dan setidaknya di lima tahun pertama menghuni sel isolasi.

"Jika dia terbukti bersalah, dia akan dipisahkan dalam waktu lama. Dia akan menjalani sebagian besar masa hukumannya di sel tersendiri," ujar Newbold.

Newbold mengatakan, saat di menjalani hukuman penjara pada 1979, seorang narapidana kasus pemerkosaan dan pembunuhan seorang anak kecil tewas dibunuh di dalam penjara.

Kemungkinan Tarrant akan diserang sesama narapida agaknya memang besar.

Sebuah media Selandia Baru menyebut, seorang anggota geng motor yang diwawancarai mengatakan, dia memiliki teman "di dalam".

Artinya, terdapat kemungkinan geng motor ini akan menyerang Tarrant di dalam penjara jika ada kesempatan.

Satu-satunya penjara berkeamanan maksimum di Selandia Baru adalah LP Auckland di Paremoremo, 25 menit berkendara dari kota Auckland.

Di penjara ini setiap sel memiliki luas 9 meter persegi yang dilengkapi tempat tidur, toilet, dan kamar mandi yang semua bisa dipantau lewat CCTV.

Tarrant sendiri dikabarkan berada di bawah pengawasan 24 jam tanpa akses ke surat kabar, televisi, atau media lainnya.

Pengelola lapas nampaknya akan mengatur jadwal khusus bagi Tarrant untuk berolah raga secara terpisah demi alasan keamanan.

Saat ini, Tarrant ditahan di sebuah fasilitas keamanan khusus di luar kota Christchurch sebelum sidang selanjutnya pada 5 April.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/20/14290451/agar-tak-diserang-sesama-napi-teroris-penembak-masjid-diisolasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke