Salin Artikel

Presiden Brasil Setuju Buka Pangkalan untuk Peluncuran Satelit AS

Kesepakatan tersebut dicapai dalam kunjungan resmi luar negeri pertama Bolsonaro, seorang presiden sayap kanan, sejak terpilih, menandakan hubungan Brasil yang semakin hangat dengan Washington.

Bolsonaro yang konservatif, dianggap banyak memiliki kesamaan dengan Presiden Donald Trump, yang akan ditemuinya di Gedung Putih, Selasa (19/3/2019).

"Kita harus bersyukur atas perubahan ideologi baru-baru ini di Brasil. Kami ingin memiliki Brasil yang hebat, seperti Trump ingin membuat Amerika kembali hebat," kata Bolsonaro, Senin (18/3/2019).

Bolsonaro menandatangani perjanjian tersebut dengan perusahaan AS, tentang pengamanan teknis untuk memungkinkan dilakukannya peluncuran satelis komersial dari pangkalan Alcantara di negara bagian Maranhao, Brasil utara.

Alcantara dinilai sebagai lokasi yang ideal karena terletak dekat dengan garis khatulistiwa dan akan mengurangi penggunaan bahan bakar hingga 30 persen.

Brasil berharap dapat ambil bagian dari pasar peluncuran bernilai miliaran dollar tersebut, yang bersaing dengan pusat ruang angkasa Kourou di Guyana Perancis.

Namun kesepakatan itu masih memerlukan persetujuan dari Kongres Brasil, yang telah memblokir perjanjian serupa oleh mantan presiden Fernando Henrique Cardoso.

Kongres beralasan, Brasil dapat kehilangan kedaulatannya oleh AS jika membiarkan peluncuran satelit tersebut dilakukan di wilayah Brasil.

Menteri Sains dan Teknologi Brasil, Marcos Pontes, yang juga astronot pertama negara itu, menganalogikan status Alcantara dengan sebuah hotel.

"Bayangkan jika Anda membawa sebuah teknologi ke kamar Anda. Anda memiliki kuncinya, namun saya sebagai pemilik hotel, dapat masuk jika perlu," ujarnya.

Mantan presiden sayap kiri Luis Inacio Lula da Silva sempat menandatangani kesepakatan dengan Ukraina untuk peluncuran dari pangkalan itu, namun kesepakatan itu kemudian diakhiri dan Brasil dapat mengutip perkembangan ekonomi dan juga teknologi.

Bolsonaro, yang memiliki kepentingan bisnis dan pertanian mengatakan mengharapkan investasi AS di luar pangkalan luar angkasa.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/19/08290041/presiden-brasil-setuju-buka-pangkalan-untuk-peluncuran-satelit-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke