Salin Artikel

Objek Bersinar Terang Tertangkap Kamera Melintas di Atas Langit Rusia

Detik-detik saat objek bercahaya itu jatuh sempat terekam oleh kamera dari sebuah mobil milik warga yang sedang melintas di dekat desa Tura, wilayah otonomi Evenk.

Sejumlah saksi mata yang turut menyaksikan objek tersebut mengklaim itu adalah sebuah meteor.

Namun lokasi jatuhnya objek yang diyakini berada di lokasi yang terlalu jauh dan terpencil menjadikan pihak berwenang setempat memutuskan untuk tidak menyelidikinya.

Dalam rekaman video yang telah tersebar di dunia maya, terlihat sebuah objek yang menyala terang meluncur dari sisi kiri atas layar dan jatuh di balik pegunungan.

Dilansir Russian Times, saksi mata lain mengatakan kepada wartawan setempat jika objek tersebut bercahaya dengan lembut dan terang.

Diberitakan RIA Novosti, sebuah jasa layanan ekspedisi mengatakan bahwa hampir tidak mungkin untuk memastikan benda itu karena lokasi jatuhnya objek tersebut terletak di daerah yang sulit dijangkau.

"Kami tidak ada rencana untuk memeriksa lokasi jatuhnya benda tersebut karena berada di daerah yang sulit dijangkau. Selain itu kejadian ini tidak sampai menimbulkan kerusakan di sekitarnya," kata layanan tersebut.

Sementara seorang peneliti terkemuka di Institut Fisika Krasnoyarsk, Sergey Karpov, mengatakan kepada stasiun penyiaran Yenisei bahwa kemungkinan objek tersebut adalah sebuah fragmen meteor yang berukuran sangat kecil, dengan diameter kurang dari 10 sentimeter.

Di dunia maya, komentar skeptis justru menyebut bahwa objek tersebut kemungkinan hanya pistol suar yang kebetulan terekam pada sudut yang tepat sehingga tampak seperti benda luar angkasa yang jatuh ke bumi.

Sebuah meteor juga sempat jatuh di Rusia pada tahun 2013 silam. Insiden jatuhnya meteor di kota Chelyabinsk, Rusia tengah itu sempat menjadi pemberitaan di berbagai media internasional karena dianggap sebagai salah satu benda luar angkasa terbesar yang pernah memasuki bumi.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/18/16210521/objek-bersinar-terang-tertangkap-kamera-melintas-di-atas-langit-rusia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke