Salin Artikel

Paus dan Imam Besar Al Azhar Kecam Aksi Teror di Selandia Baru

Pernyataan ini disampaikan Paus Fransiskus menyusuk serangan teror terhadap dua masjid di kota Christchurch yang menewaskan 49 orang.

"Paus amat berduka saat mengetahui banyak korban tewas dan terluka yang disebabkan sebuah aksi kekerasan yang tak berperikemanusiaan," kata Menteri Luar Negeri Vatican Pietro Parolin.

Sementara dari Mesir, Imam Besar Al Azhar Sheikh Ahmed al-Tayeb juga mengecam aksi teror di Selandia baru itu.

"Serangan mengerikan ini merupakan indikator serius konsekuensi meningkatnya retorika kebencian dan xenofobia serta menyebarnya Islamofobiadi negara yang dikenal dengan kebersamaan warganya," ujar Sheikh Al-Tayeb.

Kondisi ini menjadi ironis karena Al-Tayeb bersama Paus Fransiskus bulan lalu menyerukan tumbuhnya kebersamaan dan kedamaian di antara pemeluk agama di dunia.

Al-Tayeb saat itu juga menyerukan kepada para pemimpin Barat agar meningkatkan upaya mendukung nilai-nilai toleransi dan koeksistensi di tengah masyarakat.

Serangan teror di Christchurch ini mengundang kecaman dari seluruh dunia dan para pemimpin menyerukan solidaritas dengan komunitas Muslim.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/15/19032301/paus-dan-imam-besar-al-azhar-kecam-aksi-teror-di-selandia-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke