Salin Artikel

Pakistan Klaim Sukses Lakukan Uji Coba Misil Jet Terbaru

Misil jet jarak jauh yang dikembangkan dan diproduksi di dalam negeri itu disebut sebagai sebuah "senjata pintar".

Angkatan Udara Pakistan mengatakan, uji coba misil udara-ke-darat itu dilakukan dengan mengerahkan jet tempur multi-peran JF-17 Thunder, yang merupakan hasil kerja sama China-Pakistan.

"Kami berjanji akan menanggapi dengan kekuatan penuh jika mendapat ancaman agresi asing," ujar pernyataan Angkatan Udara Pakistan, Selasa (12/3/2019).

Tidak ada karakteristik misil terbaru yang tersedia untuk umum. Pihak angkatan udara hanya mendeskripsikannya misil tersebut sebagai senjata pintar yang memiliki jarak jangkauan yang diperluas.

Sebuah rekaman video berdurasi singkat dari hasil uji coba telah dirilis, yang memperlihatkan sebuah jet tempur mengerahkan misil yang kemudian mengenai target yang ditentukan.

Rekaman juga memperlihatkan dampak serangan berupa kawah terbentuk akibat ledakan misil.

Kepala Staf Angkatan Udara Pakistan, Mujahid Anwar Khan, memuji para teknisi dan ilmuwan negara yang telah berhasil mengembangkan dan menguji senjata baru tersebut.

"Pakistan adalah negara yang cinta damai, akan tetapi jika menjadi sasaran agresi oleh musuh, kami akan menanggapi dengan kekuatan penuh," kata pejabat itu, dikutip Russian Times.

Pengujian senjata baru oleh Angkatan Udara Pakistan itu memicu kekhawatiran akan kembali meningkatnya ketegangan dengan India, setelah kedua negara terlibat konflik hingga perang udara pada akhir Februari lalu.

Ketegangan terakhir antara Islamabad dengan New Delhi dipicu aksi teror bom bunuh diri yang menyerang parade paramiliter India di wilayah perbatasan Kashmir, menewaskan hingga 40 orang.

Militer India mengklaim telah melancarkan serangan balasan ke markas kelompok militan Jaish-e-Mohamad yang mengaku berada di balik teror bom bunuh diri pada 14 Februari tersebut.

Namun aksi itu ditanggapi sebagai sebuah bentuk pelanggaran perbatasan dan dibalas dengan serangan udara oleh Pakistan.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/14/13590041/pakistan-klaim-sukses-lakukan-uji-coba-misil-jet-terbaru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke