Salin Artikel

Pemimpin Oposisi Venezuela Berjanji Gulingkan Maduro "Secepatnya"

Guaido mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara pada Januari lalu. Manuver yang mendapatkan dukungan dari 50 negara, termasuk Amerika Serikat (AS).

Dalam pidatonya di hadapan para pendukung sebagaimana dilansir AFP Rabu (13/3/2019), Guaido mengatakan dia membutuhkan kantor untuk bekerja.

"Setelah kita mendapatkan militer di pihak kita, maka kita akan segera menempati Miraflores. Secepatnya," ujar Guaido merujuk kepada Istana Kepresidenan Venezuela.

Orasi itu disambut dengan klakson yang dibunyikan di ibu kota Caracas, serta spanduk dibentangkan berisi tulisan Maduro untuk lengser.

Salah satu peserta Miguel Gonzalez berkata, situasi saat ini begitu sulit sehingga dia berharap rezim pemerintah segera berganti. "Kami sudah muak dengan kekacauan ini!" kecamnya.

Guaido mengatakan, dia meminta kepada rakyat Venezuela untuk percaya bahwa negara kaya minyak di Amerika Selatan itu bakal keluar dari kegelapan.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Tarek William Saab mengungkapkan dia bakal segera memeriksa Guaido dengan dugaan terlibat dalam sabotase pembangkit listrik Venezuela.

Pernyataan Saab merupakan manuver pemerintahan Maduro pertama sejak Guaido memutuskan kembali ke Caracas selepas tur dari Amerika Latin pada pekan lalu.

Maduro menyalahkan padamnya listrik di Venezuela kepada Washington, dan mengklaim "kemenangan" dalam "perang listrik" melawan Pentagon.

Dia juga mengklaim dukungan dari Rusia maupun China di tengah penyelidikan yang dilakukan PBB atas dugaan serangan siber atas padamya listrik di Venezuela.

Dalam konferensi pers, Saab menuturkan Guaido nampak sebagai aktor intelektual yang menyabotase pembangkit listrik dan berusaha menggelorakan perang sipil.

Utusan Khusus AS Elliott Abrams berujar, Washington terus menekan Venezuela, dan bersiap menjatuhkan "sanksi signifikan" yang menyasar bisnis rezim Maduro.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/13/19272161/pemimpin-oposisi-venezuela-berjanji-gulingkan-maduro-secepatnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke