Salin Artikel

Rilis Video dari Baghouz, Anggota ISIS Klaim Mereka Dipersekusi

Video itu merupakan satu dari yang dirilis ISIS dalam beberapa bulan terakhir di tengah kepungan dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF).

Diwartakan The Guardian Selasa (12/3/2019), video itu menunjukkan sekelompok kecil anggota ISIS berkumpul di dekat pot berisi makanan.

Dalam video berdurasi dua menit seperti yang dipublikasikan Guardian, nampak seorang pejuang yang menyebut dirinya sebagai Abu Abid al-Azeem.

Azeem mengklaim kelompok mereka dipersekusi sejak dideklarasikan oleh Abu Bakar al-Baghdadi dan menguasai timur Suriah dan barat Irak lima tahun silam.

"Apa kesalahan kami? Apa dosa kami? Mengapa pesawat mengebom kami?" tanya Azeem. Dia berkata seluruh negara di dunia bangkit dan memerangi mereka.

Azeem mengklaim mereka dikepung dan diserang siang dan malam, sementara dunia hanya diam dan terus memerangi mereka. "Padahal kami hanya menegakkan hukum Syariah," kilahnya.

"Besok, jika Tuhan berkehendak, maka kami semua bakal berada di surga. Sementara mereka (penyerang) bakal terbakar di neraka," koar Azeem.

Video itu menunjukkan sebagian dari Baghdadi masih bisa dihuni sejak pertempuran terakhir ISIS dengan SDF memasuki pekan keempat.

Nampak pria dan perempuan berlalu lalang di kawasan yang nampaknya menjadi jalan utama desa yang dekat dengan perbatasan Irak tersebut.

Sekitar 30.000 orang melarikan diri dari Baghouz dalam beberapa bulan terakhir ke kamp pengungsian yang dikelola SDF, dengan kebanyakan adalah keluarga anggota ISIS.

Petinggi SDF menjelaskan ada 2.000 orang yang kabur dari Baghouz pada Selasa. Meski begitu, mereka masih belum melancarkan serangan pamungkas.

Setelah satu demi satu wilayah yang dikuasai ISIS direbut koalisi internasional, para pemimpin ISIS mati-matian mempertahankan Baghouz.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/13/13301181/rilis-video-dari-baghouz-anggota-isis-klaim-mereka-dipersekusi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke