Salin Artikel

Rusia Siagakan Sistem Pertahanan S-400 di Saint Petersburg

Penempatan sistem pertahanan udara paling canggih dan modern milik Rusia tersebut dilakukan demi melindungi situs-situs militer, pemerintahan dan sipil. Demikian dilaporkan kementerian pertahanan Rusia.

Disampaikan seorang pejabat kementerian pertahanan Rusia yang berbasis di Saint Petersburg, penempatan S-400 tersebut untuk menggantikan perangkat S-300 yang sebelumnya digunakan.

Namun pejabat itu tidak memberitahukan berapa banyak perangkat pertahanan mutakhir S-400 yang ditempatkan di lokasi tersebut.

Dilansir AFP, perangkat peluncur rudal pertahanan canggih itu telah diuji coba di wilayah Astrakhan di selatan sebelum kemudian dipindahkan sejauh 2.000 kilometer ke utara.

Tak hanya di Saint Petersburg, perangkat sistem pertahanan yang sama rencananya juga akan segera ditempatkan di wilayah pendudukan Rusia di Eropa, Kaliningrad.

Sistem S-400 dijadwalkan bakal dikirim ke kawasan yang terletak di antara Lithuania dan Polandia itu pada bulan ini.

Sistem S-400 tersebut akan dioperasikan oleh resimen rudal di distrik militer barat yang sebelumnya mengoperasikan S-300.

Setelah dilakukan persenjataan kembali, para personil dari resimen rudal tersebut akan menjalani pelatihan ulang. Demikian dikutip dari TASS.

Kecanggihan sistem peluncuran rudal pertahanan dari darat-ke-udara itu disebut-sebut sebagai yang paling mutkahir, sehingga banyak negara yang ingin memilikinya.

Namun penjualan S-400 oleh Rusia selalu dibayang-bayangi ancaman sanksi dari AS kepada negara-negara yang berminat membelinya.

Sejumlah negara yang telah maupun dalam proses membeli S-400 dari Rusia di antaranya China, Qatar, India, dan Turki.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/12/21342481/rusia-siagakan-sistem-pertahanan-s-400-di-saint-petersburg

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke