Salin Artikel

Malaysia Bisa Izinkan Warganya yang Gabung ISIS untuk Pulang, Ini Syaratnya

Teknisi sebuah laboratorium itu meninggalkan Malaysia bersama bayi serta suaminya, dan pergi diam-diam ke Suriah pada Oktober 2014 silam.

Dua pekan lalu, dia mengirimkan pesan kepada ayahnya di Johor bahwa dia telah kabur dari wilayah ISIS, dan meminta bisa dibantu pulang ke Malaysia.

"Saya tidak pernah putus harapan suatu hari nanti Lidia bakal berkeinginan pulang," ujar sang ayah yang identitasnya dirahasiakan kepada Al Jazeera Selasa (12/3/2019).

Lidia merupakan satu dari 13 warga Malaysia yang ingin pulang setelah Pasukan Demokratik Suriah (SDF) menggempur benteng terakhir ISIS di Baghouz.

Ayob Khan Mydin Pitchay, Kepala Kontraterorisme Cabang Khusus Kepolisian Malaysia berkata, pemerintah saat ini mengupayakan untuk memulangkannya.

"Kami mencoba membawa warga kami, termasuk Lidia. Namun situasinya sulit karena melibatkan banyak pihak dari berbagai negara," terang Ayob.

Ketika negara lain mencabut kewarganegaraan warganya yang bergabung dengan ISIS, Ayob berkata Malaysia bakal mengizinkan Lidia dan yang lain kembali.

Namun, mereka diharuskan menerima syarat, yakni mematuhi pemeriksaan dan bersedia mengikuti program rehabilitasi yang dijalankan pemerintah selama sebulan.

"Tidak semua terduga anggota ISIS bakal dipenjara. Namun semua orang yang diduga bergabung harus bersedia mengikuti interogasi," tegas dia.

Nantinya, terduga anggota ISIS itu bakal diinvestigasi dengan otoritas membawa rohaniwan maupun psikolog untuk mengevaluasi ideologi maupun kondisi kejiwaan mereka.

Nantinya, keterangan dari terduga bakal dibandingkan dengan data intelijen yang Malaysia peroleh dari dinas rahasia negara lain.

"Jika terdapat bukti bahwa warga yang kembali ternyata berpartisipasi dalam aktivitas ISIS, dia harus dibawa ke persidangan," tegas Ayob.

Dia menjelaskan 11 warga Malaysia sudah kembali. Delapan di antaranya yang merupakan pria telah menjalani persidangan dan diputus bersalah.

Sementara sisanya yang adalah perempuan serta dua anak-anak menjalani program rehabilitasi dan kembali ke kampungnya, dengan pemerintah terus memantaunya.

Ayob mengatakan meski ISIS hanya berkuasa di Baghouz, pihaknya meyakini masih ada orang Malaysia yang masih berkeinginan untuk membela kelompok tersebut.

"Kami masih mengawasi mereka yang tidak sempat pergi ke Suriah memilih bermukim di Mindanao, Filipina, bersama milisi lain yang berhubungan dengan ISIS," tukasnya.

Dia mengungkapkan selain Lidia, masih ada 51 orang Malaysia masih bertahan di Suriah, dengan 17 di antaranya anak-anak.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/12/17435911/malaysia-bisa-izinkan-warganya-yang-gabung-isis-untuk-pulang-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke