Salin Artikel

Media Korea Utara Akhirnya Akui Kegagalan Pertemuan Trump-Kim di Hanoi

Pertemuan kedua Kim dengan Trump itu seharusnya dibangun di atas hasil kesepakatan denuklirisasi yang telah dicapai dalam pertemuan pertama di Singapura tahun lalu.

Namun pada kenyataannya, pertemuan di Vietnam justru berakhir lebih cepat dari jadwal karena Trump yang berjalan meninggalkan ruang pertemuan sebelum terjadinya kesepakatan.

Akan tetapi, kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, justru tidak menyebutkan tentang kegagalan dalam pertemuan tersebut hingga Jumat (8/3/2019).

"Rakyat di dalam dan di luar negeri... merasa menyesal, menyalahkan AS atas pertemuan yang berakhir tanpa kesepakatan," tulis sebuah editorial yang diterbitkan KCNA dan dikutip AFP.

Sebelumnya, media Korea Utara hanya mengatakan bahwa Pyongyang dan Washington telah sepakat untuk melanjutkan diskusi yang produktif tentang denuklirisasi.

Dan keesokan harinya, surat kabar Rodong Shinmun memajang foto pertemuan di halaman depan yang menampilkan saat Kim dan Trump berjabat tangan.

Awal pekan kemarin, televisi Korea Utara juga menayangkan dokumenter sepanjang 75 menit tentang diplomasi Kim dengan Trump, tanpa menyebutkan bahwa pertemuan kedua berakhir tanpa kesepakatan.

Sementara diungkapkan media Barat, kedua pihak sempat saling menyalahkan dan menyebut sikap keras kepala pemimpin negara lain sebagai penyebab kegagalan pertemuan.

Pihak AS sempat menyebut Korea Utara tidak siap dengan penawaran untuk denuklirisasi.

Namun pihak Korea Utara mengungkapkan, pertemuan berakhir karena Trump meninggalkan pertemuan setelah Kim mengajukan proposal penghancuran fasilitas nuklirnya di Yongbyon dengan imbalan pencabutan sebagian sanksi, terutama yang berkaitan dengan perekonomian rakyat Korut.

Beberapa hari usai pertemuan, beredar kabar yang menyebut Korea Utara kembali membangun situs peluncuran roketnya di Sohae, yang seharusnya telah dinonaktifkan sejak tahun lalu, menyusul pertemuan Kim dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Trump pun menanggapi dengan mengatakan bahwa dirinya akan sangat kecewa apabila laporan yang didasatkan analisis foto citra satelit itu benar.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/08/20064541/media-korea-utara-akhirnya-akui-kegagalan-pertemuan-trump-kim-di-hanoi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke