Salin Artikel

Diduga Efek Ledakan, Kota Tambang Korea Utara Diguncang Gempa

Laporan dari Straits Times menyebutkan, gempa di dekat perbatasan Korea Selatan itu dinilai sebagai buatan manusia.

Badan Administrasi Meteorologi Korea (KMA) menyebutkan, guncangan tersebut merupakan hasil dari ledakan.

"Episentrum berada di dekat permukaan tanah," kata seorang pejabat KMA.

Gempa itu terjadi dua hari setelah intelijen Korea Selatan mengklaim, Korut sedang membangun kembali bagian dari tempat uji coba rudal jarak jauh yang telah dibongkar di Sohae.

Kepala Intelijen Korsel Suh Hoon memperingatkan, kendaraan kargo nampak terlihat bergerak di sekitar pabrik rudal balistik antarbenua milik Korut.

Gempa di Pyonggang juga tak lama terjadi setelah pertemuan kedua Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong Un, yang berakhir tanpa kesepakatan.

Menurut keterangan Suh, Korut terus mengoperasikan fasilitas pengayaan uranium di kompleks nuklir utama Yongbyon, bahkan setelah KTT pertama Trump-Kim pada Juni 2018.

Beberapa hari setelah KTT kedua, pekerjaan konstruksi juga terlihat terjadi di Stasiun Peluncuran Satelit Sohae milik Korut.

"Mengingat konstruksi dan aktivitas di area lain dari situs, Sohae tampaknya telah kembali ke status operasional normal," demikian bunyi laporan pengamatan, seperti dilansir Yonhap.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 2,8 magnitudo juga engguncang wilayah Korut bagian timur laut, dekat lokasi uji coba nuklir, pada awal Januari 2019.

KMA mencatat, pusat gempa berada di 11 km timur dari lokasi uji coba nuklir Punggye-ri di Kilju, Provinsi Hamgyong Utara.

Lokasi tersebut sebelumnya dipakai sebagai uji coba nuklir Korea Utara yang keenam dan terkuat di bawah tanah pada September 2017.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/08/17241061/diduga-efek-ledakan-kota-tambang-korea-utara-diguncang-gempa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke