Salin Artikel

AS Kirim Sistem Rudal Kendali THAAD dalam Latihan Militer Bersama Israel

Pengerahan sistem rudal kendali yang mampu melumpuhkan ancaman serangan misil jarak dekat hingga menengah itu menjadi kali pertama dilakukan AS dalam latihan militernya bersama Israel.

Tidak disebutkan kapan tanggal pasti dilakukannya latihan militer bersama di Israel itu, namun ditegaskan kedua negara bahwa latihan kali ini tidak berkaitan dengan peristiwa terkini apa pun.

Dilansir AFP, Israel memiliki sistem pertahanan misilnya sendiri, tetapi latihan kali ini di antaranya bertujuan untuk memeriksa bagaimana menggabungkannya dengan THAAD.

Latihan kali ini juga akan memungkinkan militer AS untuk mempraktikkan mengerahan cepat THAAD pada jarak jauh. Demikian disampaikan para pejabat militer AS.

"Latihan kali ini dilakukan agar kami siap menghadapi segala macam tantangan di masa yang akan datang," ujar juru bicara militer AS, Jonathan Conricus.

"Kami melihat latihan ini sebagai kesempatan untuk mempraktikkan integrasi sistem pertahanan udara Amerika yang canggih ke barisan pertahanan oleh Angkatan Udara Israel," tambahnya kepada wartawan.

"Sistem THAAD ini telah dianggap sebagai salah satu yang paling maju dari jenisnya di dunia," kata Conricus.

Ditambahkan Conricus, latihan dengan pengerahan sistem pertahanan rudal kendali THAAD ini akan melibatkan lebih dari 200 personel militer AS dan komponennya, termasuk sistem radar dan peluncuran.

"Komponen dan personel yang dikerahkan akan diberangkatkan dari AS dan Italia," kata Conricus.

Sumber AFP menyebutkan, sistem THAAD tersebut akan dikerahkan di Israel selatan, namun para pejabat menolak untuk mengatakan secara spesifik lokasi sebenarnya maupun berapa lama sistem itu akan ditempatkan di sana.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyambut baik agenda latihan militer bersama itu dan menyebutnya sebagai bentuk komitmen AS terhadap keamanan Israel.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/04/23225941/as-kirim-sistem-rudal-kendali-thaad-dalam-latihan-militer-bersama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke