Salin Artikel

Trump Sudah "Laporkan" Hasil Pertemuan dengan Kim kepada Jepang dan Korsel

Disampaikan juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, Trump berbicara melalui telepon dengan Perdana Menteri Shinzo Abe dan Presiden Moon Jae-in saat dalam penerbangan kembali ke Washington dari Hanoi.

"Presiden Trump berbicara dengan PM Abe dan Presiden Moon masing-masing sekitar 15 menit. Dia memberi mereka kabar terbaru tentang pertemuan itu."

"Presiden Trump menyampaikan kepada mereka bahwa dia akan melanjutkan pembicaraan (dengan Korea Utara)," kata Sanders kepada wartawan yang ikut dalam penerbangan Trump menggunakan Air Force One, Kamis (28/2/2019).

Konferensi tingkat tinggi antara AS dengan Korut yang membahas denuklirisasi Semenanjung Korea di Hanoi itu selesai lebih cepat dari yang diperkirakan setelah Trump memutuskan untuk meninggalkan pertemuan.

Trump disebut menghentikan pertemuannya dengan Kim saat Korea Utara mulai memaparkan tuntutannya agar AS mencabut sanksi.

Lanjutan dari pertemuan puncak di Singapura tahun lalu itu berakhir tanpa ada kesepakatan yang dicapai.

Kendati demikian, PM Jepang Shinzo Abe menyatakan bahwa dia tetap mendukung keputusan Trump dalam pertemuan itu dan menegaskan AS tidak seharusnya berkompromi dengan Korut.

"Jepang sepenuhnya mendukung keputusan Presiden Trump untuk tidak berkompromi dan pada saat yang sama melanjutkan diskusi yang produktif, serta mendesak Korea Utara untuk mengambil tindakan nyata," kata Abe.

Sebaliknya, Korea Selatan yang berharap banyak dari pertemuan itu, mengaku kecewa dengan hasil pertemuan yang berakhir tanpa ada kesepakatan.

"Kami merasa kecewa Presiden Trump dan Ketua Kim Jong Un tidak bisa mencapai kesempatan pada KTT hari ini," demikian pernyataan juru bicara kantor presiden Korsel Cheong Wa Dae atau Rumah Biru, Kim Eui-kyeom.

Meski kecewa, pemerintah Korsel tetap mengapresiasi pertemuan tersebut karena telah mencetak kemajuan meski tanpa adanya persetujuan.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/01/08305691/trump-sudah-laporkan-hasil-pertemuan-dengan-kim-kepada-jepang-dan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke