Salin Artikel

Video Anak Venezuela Mengais Sampah untuk Makan Bikin Maduro Tahan Kru TV AS

Awalnya seperti diberitakan New York Post Senin (25/2/2019), kru Univision Noticias yang dipimpin Jorge Ramos melakukan wawancara dengan Maduro secara lancar.

Dalam wawancara pukul 19.00 di Istana Miraflores, Maduro mulai tidak suka ketika Ramos menyinggung krisis kemanusiaan hingga penyiksaan lawan politik.

Namun, adalah rekaman di ponselnya Ramos yang membuat Maduro menyudahi wawancara, dan membuat kru TV berjumlah enam orang itu ditahan.

Rekaman yang ditunjukkan Ramos memperlihatkan anak-anak berusaha mencari makanan dengan mengais-ngais di truk sampah dekat istana.

Ramos lalu bertanya apakah Maduro merupakan presiden atau diktator karena jutaan rakyat Venezuela tidak mengakuinya.

"Dia berusaha menghalangi video itu dengan tangannya sebelum berdiri dan meninggalkan ruangan," ucap Ramos yang menambahkan, seorang menteri kemudian datang.

Menteri itu berkata pertanyaan yang diajukan tak mendapat izin, dan membawa Ramos beserta lima kru lainnya ke sebuah ruangan gelap.

Di sana selama hampir tiga jam, kru Univision diinterogasi sebelum dilepas. Seluruh peralatan termasuk kamera berisi wawancara disita.

"Insiden ini dalah pelanggaran total terhadap kebebasan berpendapat," keluh Ramos setelah dia dan timnya kembali ke hotel.

Dia menuturkan pemerintahan Maduro sudah merampok mereka dan berharap peralatan mereka dikembalikan sebelum dideportasi ke Miami.

Kementerian Luar Negeri AS dikutip AFP menyatakan mereka sudah mengetahui insiden penahanan kru Univision karena diperintahkan Maduro.

"Kami menginginkan mereka harus dilepaskan secepat mungkin. Seluruh dunia memperhatikan Anda," tegas Kemenlu AS di Twitter.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/26/19450881/video-anak-venezuela-mengais-sampah-untuk-makan-bikin-maduro-tahan-kru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke