Salin Artikel

Shamima Menyesal Ungkap Keinginannya Pulang ke Inggris kepada Media

Shamima menjadi perbincangan dunia ketika ditemukan jurnalis The Times Anthony Loyd di kamp pengungsi al-Hawl dua pekan lalu.

Kepada Loyd, Shamima yang melarikan diri dari kampung halaman di Bethnal Green empat tahun silam mengaku tidak menyesal bergabung dengan ISIS.

Pernyataan itu berujung pada keputusan Menteri Dalam Negeri Inggris Sajid Javid untuk mencabut status kewarganegaraan Shamima.

"Mereka membuat saya menjadi contoh," kata Shamima dalam wawancara dengan Sunday Telegraph, sebagaimana dilansir Sky News, Minggu (24/2/2019).

Remaja yang kini berusia 19 tahun itu mengaku sengaja berbicara kepada media karena ingin menjalin kontak dengan keluarganya.

"Saya menyesal sekarang sudah berbicara kepada media. Saya berharap kini saya mendapat cara lain menghubungi keluarga saya," katanya.

The Guardian memberitakan, kasus Shamima menjadi perdebatan di Inggris setelah dia melontarkan keinginannya untuk pulang.

Beberapa argumen menyatakan, perempuan yang baru saja melahirkan anak itu menjadi ancaman bagi keamanan. Karena itu, dia tidak boleh pulang.

Namun, ada juga yang membela Shamima dengan mengatakan, remaja yang kabur bersama dua orang temannya pada 2015 itu diperlakukan secara tidak adil.

Kementerian Dalam Negeri Inggris mengonfirmasi setidaknya ada sekitar 300 orang yang kembali ke Inggris dari Timur Tengah.

Pencabutan kewarganegaraan Shamima dilaksanakan setelah muncul dugaan dia mempunyai paspor Bangladesh karena orangtuanya berasal dari sana.

Namun, Menteri Luar Negeri Bangladesh Shahriar Alam membantahnya. Bahkan, Bangladesh juga menegaskan tidak akan mengizinkan Shamima masuk ke sana.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/25/14461601/shamima-menyesal-ungkap-keinginannya-pulang-ke-inggris-kepada-media

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke