Salin Artikel

Kim Jong Un "Palsu" Dideportasi dari Vietnam Sebelum Pertemuan AS-Korut

Pria asal Hong Kong itu akan dipulangkan ke negaranya sebelum Kim Jong Un yang sebenarnya tiba di Vietnam, yang dijadwalkan pada Selasa (26/2/2019) besok.

Howard X tiba di Hanoi bersama dengan peniru Presiden AS Donald Trump yang bernama Russell White pekan lalu. Keduanya bahkan sempat mengadakan pertunjukan pertemuan palsu di depan Gedung Opera Hanoi, pada Jumat (22/2/2019), dengan disaksikan wartawan.

Pertemuan Trump dan Kim yang sesungguhnya akan dilangsungkan di Hanoi pada 27-28 Februari mendatang, sebagai lanjutan dari pertemuan pertama yang digelar di Singapura, Juni tahun lalu.

Kedua peniru pemimpin negara itu sempat ditahan dari dimintai keterangan oleh pihak kepolisian Hanoi dan diberi tahu bahwa mereka akan dipulangkan kembali ke negara asal masing-masing.

Howard X mengaku diberitahu petugas imigrasi Vietnam bahwa alasan pendeportasian dirinya adalah lantaran visa miliknya dianggap tidal valid. Namun dia tidak mendapat penjelasan lebih lanjut.

"Alasan sebenarnya adalah karena saya dilahirkan dengan wajah yang mirip seperti Kim Jong Un. Itu adalah kejahatan sebenarnya," kata Howard X kepada wartawan, Senin (25/2/2019), sesaat sebelum dibawa oleh tiga pria Vietnam tak berseragam menggunakan van menuju bandara.

Howard menambahkan, dia dideportasi karena Kim yang asli tidak memiliki selera humor.

Dia bahkan mengatakan telah mendapat perlakuan diskriminasi karena tiket pesawatnya kembali ke Hong Kong lebih murah dibandingkan tiket yang diberikan otoritas Vietnam untuk White yang diterbangkan ke Kanada.

"Satir adalah senjata yang ampuh untuk melawan kediktatoran. Mereka takut pada beberapa pria yang terlihat seperti aslinya," kata Howard X.

Sementara Howard X langsung dideportasi, White masih diizinkan tinggal di kota itu namun diminta untuk tidak berpenampilan seperti Trump di depan umum.

Vietnam yang dipercaya menjadi tuan rumah untuk pertemuan kedua Trump dengan Kim pekan ini mengerahkan segala upaya untuk kelancaran acara penting tersebut.

Khususnya di ibu kota, yang akan menjadi lokasi pertemuan kedua pemimpin negara, pemerintah setempat berupaya menghindari adanya momen memalukan dengan dunia yang akan menyaksikan agenda pertemuan bersejarah itu.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/25/11175801/kim-jong-un-palsu-dideportasi-dari-vietnam-sebelum-pertemuan-as-korut

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke