Salin Artikel

MBS Tunjuk Adik Laki-lakinya sebagai Wakil Menteri Pertahanan

Penunjukan tersebut dilakukan MBS melalui dekret kerajaan yang mengumumkan bahwa Khalid tidak lagi menjabat sebagai duta besar Arab Saudi untuk AS.

Khalid, yang merupakan mantan pilot angkatan udara kerajaan, sebelumnya menjabat duta besar Riyadh di Washington selama kurang lebih dua tahun.

Dengan penunjukan tersebut, maka Khalid akan membantu MBS, yang juga menjabat menteri pertahanan, dalam mengatur masalah keamanan Kerajaan Saudi.

Menurut Becca Wasser, seorang analis kebijakan dari RAND Corporation, yang berbasis di AS, Khalid telah mendapat jabatan yang sulit namun penting di kementerian.

Penunjukan itu juga menjadi salah satu bentuk rencana reformasi militer dan perombakan jajaran petinggi pertahanan utama seperti yang telah diumumkan MBS saat pertama menjadi pangeran mahkota.

"Saat perang di Yaman menjadi berlarut-larut dan program reformasi militer bergerak lambat, Pangeran Khalid telah menempati jabatan yang sulit tetapi penting bagi ayahnya, kakaknya, dan juga kerajaannya," kata Wasser, kepada AFP.

"Pangeran Mohammed tengah berjuang untuk mendelegasikan wewenang di bidang pertahanan, yang telah membuat beberapa upaya, terutama reformasi militer, terhenti."

"Penunjukan Pangeran Khalid mungkin merupakan upaya untuk menghidupkan kembali inisiatif itu," tambahnya.

MBS pada Sabtu telah mengeluarkan tiga dekret kerajaan. Selain pencopotan Pangeran Khalid dari posisi duta besar untuk AS dan menjadi wakil menteri pertahanan, juga dilakukan penunjukan untuk pengganti Khalid di Washington.

Mengganti posisi yang ditinggal Khalid, MBS telah menunjuk Putri Rima binti Bandar sebagai duta besar Saudi untuk AS.

Dengan penunjukan itu, Putri Rima sekaligus menjadi utusan wanita pertama Arab Saudi untuk Washington.

Selain itu, dekret kerajaan ketiga yang dikeluarkan MBS pada Sabtu lalu adalah perintah pembayaran sebesar satu bulan gaji sebagai hadiah kepada tentara yang bertugas di garis depan militer di wilayah selatan kerajaan.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/24/23470421/mbs-tunjuk-adik-laki-lakinya-sebagai-wakil-menteri-pertahanan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke