Salin Artikel

"Ketakutan" Oposisi Venezuela Jadi Alasan Mereka Berjuang Salurkan Bantuan

Pada Sabtu besok (23/2/2019), ratusan ribu relawan Ketua Dewan Nasional Juan Guaido menyalurkan makanan, peralatan higienis, hingga obat-obatan.

Diwartakan CNBC Kamis (21/2/2019), rencana itu dimatangkan sebulan setelah Guaido mendeklarasikan dirinya sebagai presiden sementara.

Presiden Nicolas Maduro yang menolak mundur dari jabatannya berulang kali menolak bantuan itu dengan alasan untuk menutupi invasi Amerika Serikat (AS).

Salah satu petinggi oposisi Carlos Paparoni mengklaim, mereka tengah mengorganisasi pergerakan relawan terbesar dalam sejarah negara.

"Ini adalah negara yang penuh dengan ketakutan. Ini adalah negara di mana orang takut untuk sakit karena tidak ada obat yang tersedia," keluhnya.

"Ini adalah negara di mana anak-anak tewas karena dehidrasi, dan orang mencari makan di tong sampah. Kami takut jika kondisi ini terus terjadi," lanjutnya.

Pasukan bersenjata Venezuela dilaporkan CNBC berusaha menghalangi kedatangan kapal pengangkut bantuan AS melalui Kolombia.

Guaido telah menyatakan dia bakal memastikan bantuan bakal disalurkan kepada rakyat Venezuela melalui berbagai jalur dengan bantuan 600.000 relawan.

Upaya untuk membagikan bantuan itu dikhawatirkan berpotensi berujung kepada bentrokan. Fakta yang sangat disadari Wakil Dewan Nasional Angel Alvarado.

Melalui sambungan telepon, Alvarado menegaskan mereka mengusung pergerakan itu dengan damai. Bahkan, dia menyatakan tidak membawa senjata.

"Pemerintahan Maduro tidak peduli dengan rakyat. Mereka tidak peduli jika obat tersedia atau tidak. Yang mereka butuhkan adalah tetap berkuasa," sindirnya.

Sekretaris Komite Khusus Pengawasan Bantuan Dewan Nasional Alejandro Vivas berujar, kematian di Venezuela terjadi setiap jam.

Langkah oposisi mengisi kekurangan makanan di Venezuela dipandang sebagai sikap melemahkan kekuasaan Maduro yang menyalahkan krisis di negaranya akibat sanksi AS itu.

Vivas melanjutkan, dia tentu takut jika usaha menyalurkan bantuan kemanusiaan berujung kepada bentrokan dengan militer.

Karena itu, oposisi sudah menyiapkan skenario. Yang paling dia inginkan tentu saja upaya penyaluran bantuan itu berlangsung damai.

Vivas mengaku sudah siap jika tentara, paramiliter, polisi, hingga kelompok gerilya bergerak dan membendung usaha mereka.

"Jika mereka melakukannya, kami tidak akan menghentikan langkah kami upaya sekecil apapun sangat diperlukan," pungkas Vivas.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/22/15304131/ketakutan-oposisi-venezuela-jadi-alasan-mereka-berjuang-salurkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke