Salin Artikel

Ada Rumor Dirinya Akan Digulingkan, Ini yang Bakal Dilakukan Mahathir

Dalam kunjungannya ke Kementerian Pertahanan dikutip The Star Kamis (21/2/2019), Mahathir berkata dia bakal wait and see.

"Saya bakal melihat jika benar ada mosi tidak percaya. Saya bakal menunggu dan melihat apa PAS benar bakal mendukung saya jika mosi itu terjadi," terang Mahathir.

Ucapan Dr M, julukan Mahathir, merujuk kepada Partai Islam Malaysia (PAS) bahwa ada upaya untuk menjatuhkan Mahathir melalui mosi.

Sekretaris Jenderal PAS Takiyuddin Hassan menduga upaya pengkhianatan itu datang dari dua partai penyokong koalisi Pakatan Harapan.

Takiyuddin berkata partainya sudah menduga ada yang tidak beres dalam koalisi Pakatan, dan berujung kepada pertemuan dengan Mahathir.

Hasil dari pertemuan itu adalah rancangan surat berisi deklarasi dukungan 18 anggotanya di parlemen bakal mendukung Mahathir jika mosi terjadi.

Pernyataan Takiyuddin diperkuat seorang blogger dan aktivis sosial bernama Mujahidin Zulkiffli yang mengaku sudah mendengar isu itu sejak bebeberapa pekan lalu.

Namun, Partai Pribumi Bersatu Malaysia menegaskan Pakatan masih loyal kepada Mahathir meski dia dikabarkan kehilangan dukungan dari dua partai.

Partai tersebut adalah Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang digawangi Anwar Ibrahim, serta Partai Aksi Demokratik (DAP).

Presiden Bersatu Tan Sri Muhyiddin Yassin berujar empat partai anggota Pakatan: PKR, DAP, Bersatu, dan Amanah, berkomitmen kepada Mahathir.

Adapun mosi tidak percaya baru efektif diberlakukan jika mendapat dukungan setidaknya 112 dari total 222 anggota parlemen.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/21/16113681/ada-rumor-dirinya-akan-digulingkan-ini-yang-bakal-dilakukan-mahathir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke