Salin Artikel

Iran Luncurkan Kapal Selam Bersenjatakan Rudal Jelajah

Kapal selam yang diberi nama "Fateh" yang berarti Sang Penakluk itu disebut memiliki kemampuan untuk menembakkan rudal jelajah.

Kapal selam seberat 600 ton itu diklam telah dilengkapi dengan sistem persenjataan lengkap, mulai dari torpedo, ranjau laut, serta rudal jelajah.

"Kapal selam itu mampu beroperasi hingga 200 meter di bawah permukaan air selama 35 hari," kata Teheran dalam pernyataannya, yang dikutip The New Arab.

Acara peluncuran kapal selam yang digelar di kota pelabuhan selatan Bandar Abbas, pada akhir pekan lalu itu turut dihadiri oleh Presiden Iran Hassan Rouhani.

"Hari ini, Republik Islam Iran telah sepenuhnya bergantung pada diri sendiri untuk (keamanan) darat, laut, dan udara," kata Rouhani.

"Kekuatan pertahanan kami dimaksudkan untuk membela kepentingan kami dan kami tidak pernah berusaha menyerang negara mana pun," tambahnya.

Iran telah mengirimkan pesan peringatan terhadap saingan-saingannya, baik di wilayah Timur Tengah maupaun dunia internasional, dengan unjuk kekuatan militer dan ditambah retorika yang keras.

Terlebih setelah Presiden Donald Trump menarik AS dari kesepakatan nuklir Iran 2015 pada tahun lalu dan mengembalikan sanksi ekonomi terhadap Teheran.

Sebelumnya pada awal bulan ini, Garda Revolusi Iran juga telah meluncurkan rudal balistik darat-ke-darat terbarunya yang mampu menjangkau lebih dari 1.000 kilometer, yang disebut Hoveizeh.

Teheran juga menggelar pertunjukan militer besar-besar pada pekan ini dalam rangka memperingati ulang tahun ke-40 Revolusi Iran.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/18/23095721/iran-luncurkan-kapal-selam-bersenjatakan-rudal-jelajah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke