Salin Artikel

Kunjungi Islamabad, MBS Bebaskan 2.107 Warga Pakistan yang Dipenjara di Saudi

Kedatangan MBS, julukan pangeran mahkota, disambut meriah oleh otoritas Pakistan, termasuk dengan penghormatan 21 senjata, pada Minggu (17/2/2019).

Kunjungan MBS selama dua hari di Islamabad menjadi upaya memperkuat aliansi Kerajaan Saudi dengan sekutu selain dari negara Barat.

"Pangeran Mohammed bin Salman memerintahkan pembebasan segera 2.107 tahanan warga negara Pakistan setelah permintaan Perdana Menteri Imran Khan," tulis Menteri Informasi Fawad Chaudhry di akun Twitter-nya.

Tak hanya membebaskan warga negara Pakistan yang dipenjara di kerajaan, Saudi juga menandatangani perjanjian investasi senilai 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 282,8 triliun dengan Islamabad.

Berkat tindakannya, MBS dianugerahi penghargaan sipil tertinggi, yakni Nishan-e-Pakistan atau Orde Pakistan, pada Senin (18/2/2019), sebelum dia berangkat ke India.

Dilansir The New Arab, Pakistan sedang menghadapi krisis keuangan yang cukup serius dan berharap kesepakatan investasi dengan Saudi akan dapat memperbaiki perekenomian negaranya.

Sementara, ribuan tahanan asal Pakistan di penjara-penjara Timur Tengah turut menjadi masalah politik yang sensitif.

Sebagian besar warga Pakistan yang melakukan perjalanan ke Timur Tengah, termasuk Arab Saudi, adalah untuk bekerja, terutama sebagai asisten rumah tangga atau dalam proyek konstruksi.

Para tenaga kerja itu menjadi sumber devisa yang sangat penting bagi perekonomian negara Pakistan.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/18/21140531/kunjungi-islamabad-mbs-bebaskan-2107-warga-pakistan-yang-dipenjara-di

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke