Salin Artikel

Hukuman Mati bagi Pengedar Narkoba di China Bikin Trump "Senang"

Sebagaimana dilaporkan Newsweek Minggu (17/2/2019), ketertarikan Trump adalah cara China mengganjar para pengedar narkoba dengan hukuman mati.

Dalam konferensi pers seusai mendeklarasikan darurat nasional terkait perbatasan selatan, Trump mengungkapkan percakapannya dengan Presiden China Xi Jinping.

Trump bertanya kepada Xi apakah negaranya pernah menghadapi permasalahan tentang peredaran narkoba yang langsung dijawab tidak.

Dalam klaim presiden 72 tahun itu, Xi menyebut dia menjatuhkan hukuman mati kepada orang yang terbukti mengedarkan narkoba.

"Sejujurnya, percakapan itu merupakan salah satu yang membuat saya senang selama negosiasi kesepakatan dagang kami," tutur Trump di Gedung Putih.

Trump mengatakan dia meminta kepada Xi supaya fentanil ditetapkan sebagai obat mematikan, dan dimasukkan ke dalam daftar kriminal.

"Presiden Xi setuju memasukkan fentanil sehingga menjadi hukum pidana, dengan ganjaran yang tepat adalah hukuman mati," tegas dia.

Trump melanjutkan, dia menyebut di AS pengedar narkoba mendapatkan sesuatu yang disebut denda, dan mengklaim China tidak punya masalah tentang peredaran narkoba.

Newsweek memberitakan, pernyataan Trump bersifat sesat karena seolah mengatakan pengedar yang terbukti bersalah hanya mendapatkan denda.

Padahal di AS, hukuman bagi pengedar bisa melampui denda yang sangat berat. Seringkali termasuk hukuman penjara dengan durasi panjang.

Bukan kali pertama presiden ke-45 AS itu memuji China yang mengganjar pengedar narkoba dengan menggunakan hukuman mati.

Pada Desember 2018, Trump pernah berkicau di Twiiter bahwa Xi berjanji untuk menghukum pelaku penjualan fentanil ke AS.

"Jika China menangkal 'obat mengerikan' itu dengan hukuman mati bagi pengedar dan distributornya, hasilnya bakal luar biasa," ujar Trump.

Saat berkampanye di Pennsylvania Maret 2018, Trump pernah mengusulkan adanya hukuman mati pengedar narkoba di AS karena di China terbukti efektif.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/18/17472541/hukuman-mati-bagi-pengedar-narkoba-di-china-bikin-trump-senang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke