Salin Artikel

Awali Tur Asia, MBS Sepakati Investasi Rp 282 Triliun dengan Pakistan

Mengawali turnya di Asia, perjanjian tersebut disepakati beberapa jam setelah dia mendarat di Islamabad pada Minggu (17/2/2019).

Diwartakan VOA News, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan bersama dengan sejumlah pejabat dan militer senior menyambut langsung kedatangan pangeran di pangkalan Angkatan Udara.

Khan kemudian membawa pangeran yang kerap disapa MBS itu ke kompleks perdana menteri, di mana pertemuan formal digelar sebelum penandatanganan perjanjian investasi.

"(Nilai) Itu besar untuk fase satu dan pasti akan tumbuh setiap bulan, setiap tahun dalam jumlah yang lebih besar dan akan bermanfaat bagi kedua negara," katanya.

Sementara itu, MBS menjelaskan mengapa Pakistan menjadi negara pertama yang dia kunjungi dalam tur Asianya.

"Pakistan akan menjadi negara yang sangat penting di masa depan. Kami ingin memastikan kami adalah bagian dari itu," ucapnya.

"Kami yakin suatu hari akan memiliki Timur Tengah yang dikelilingi oleh Pakistan di sisi timur," imbuhnya.

Sang putra mahkota juga memamerkan visinya untuk menjadikan Saudi sebagai tujuan utama pariwisata. Kerajaan Saudi ingin mendiversifikasi ekonomi dalam rencana Visi 2030.

"Kami akan menargetkan 100 juta wisatawan. Suatu hari kami akan mencapai angka itu," tuturnya, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Sebagai informasi, perjanjian investasi tersebut termasuk sekitar 10 miliar dollar AS untuk kilang minyak di Gwadar, yang juga berhubungan dengan program Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC).

Selanjutnya, MBS akan melakukan perjalanan ke India usai menyelesaikan kunjungannya ke Pakistan.

Dia dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dan Menteri Perminyakan India Dharmendra Pradhan.

Kemudian, dia akan menempuh perjalanan menuju ke China, dan berada di negara tersebut selama dua hari pada Kamis dan Jumat pekan ini.

Tur MBS di Asia dibayangi oleh kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi yang memicu kritikan sengit terhadap putra Raja Salman itu.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/18/06331151/awali-tur-asia-mbs-sepakati-investasi-rp-282-triliun-dengan-pakistan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke