Salin Artikel

Senator AS: Aset El Chapo Bisa Dimanfaatkan untuk Bangun Tembok Perbatasan

Namun, ada sebuah gagasan dari seorang senator agar sang presiden dapat mewujudkan janjinya tersebut, yaitu dengan memanfaatkan gembong narkoba asal Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman.

Seperti diketahui, El Chapo yang telah dinyatakan bersalah oleh pengadilan karena menyelundupkan kokain dan obat-obatan terlarang ke AS.

Diwartakan NBC News, Kamis (14/2/2019), Senator Ted Cruz menyarankan, miliaran dollar yang dikantongi pemimpin kartel Sinaloa harus digunakan untuk membantu mengamankan perbatasan AS-Meksiko.

"Sistem peradilan Amerika menang dengan menghukum Joaquin Guzman Loera, alias El Chapo, atas semua 10 dakwaan," kicaunya di Twitter.

Pada bulan lalu, Cruz mengenalkan kembali UU El Chapo versinya, yang menyebutkan aturan itu akan memastikan semua uang penalti dari El Chapo kepada pemerintah atau dari anggota kartel lainnya akan membantu membangun tembok perbatasan.

"Sebanyak 14 miliar dollar AS (Rp 197 triliun) akan digunakan untuk mengamankan perbatasan selatan kita dan menghalangi aliran ilegal obat-obatan, senjata, dan manusia," ucapnya.

"Dengan memanfaatkan aset El Chapo yang diperoleh secara kriminal dan raja penyelundup obat terlarang mematikan lainnya, kita dapat mengimbangi biaya pengamanan perbatasan," ujarnya.

Sebelumnya, dua partai di AS mengumumkan jalan tengah yang telah dicapai untuk mencegah terjadinya shutdown.

Anggaran tembok perbatasan merupakan pemicu shutdown terpanjang dalam sejarah AS, beberapa waktu lalu.

Partai Demokrat yang saat ini mengendalikan DPR tetap menolak anggaran senilai 5,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 80 triliun untuk proyek tembok perbatasan ala Trump.

Namun, Partai Republik dan Demokrat akhirnya sepakat untuk menyetujui pengajuan belanja senilai 1,37 miliar dollar AS atau sekitar Rp 19,3 triliun untuk pagar baru di perbatasan AS bagian selatan itu.

Jumlah yang diputuskan itu nantinya akan mendanai sekitar 89 km pagar perbatasan, yang berlokasi di daerah Rio Grande Valley di Texas selatan.

Padahal Trump menjanjikan pembangunan tembok perbatasan sepanjang 3.200 km.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/15/18133281/senator-as-aset-el-chapo-bisa-dimanfaatkan-untuk-bangun-tembok

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke