Salin Artikel

Pentagon: AS Tidak Akan Menarik Pasukan Secara Sepihak dari Afghanistan

Penjabat menteri pertahanan AS, Patrick Shanahan mengatakan, setiap keputusan untuk mengurangi jumlah pasukan Amerika di Afghanistan akan dikoordinasikan bersama dengan NATO, yang juga melakukan misi pelatihan dan dukungan di negara itu.

Presiden Donald Trump sebelumnya menyatakan ingin mengakhiri keterlibatan AS di Afghanistan, di mana 14.000 tentaranya dikerahkan.

Pernyataan itu menimbulkan kekhawatiran dari Kabul bahwa Washington dapat meninggalkan negara itu sebelum benar-benar tercapainya kesepakatan damai dengan Taliban.

Namun setelah digelar pembicaraan antar-menteri pertahanan NATO di Brussels, Pentagon menegaskan, Washington tidak akan bertindak sendiri dalam memutuskan penarikan pasukan.

"Tidak akan ada pengurangan pasukan secara sepihak. Itu adalah salah satu catatan dalam pertemuan kali ini. (Pengurangan) itu tetap akan dikoordinasikan dan kami akan bekerja sama," kata Shanahan, Kamis (14/2/2019).

"Saya merasa kita sedang menciptakan pengaruh diplomatik yang dibutuhkan Duta Besar Khalilzad. Kita benar-benar harus berbicara tentang kemungkinan perdamaian. Ini mungkin kesempatan kita," tambahnya, seperti dilansir AFP.

Zalmay Khalilzad adalah utusan khusus AS yang memimpin perundingan damai dengan Taliban. Dia menyatakan ada harapan tercapainya kesepakatan sebelum dilangsungkannya pemilihan presiden Afghanistan pada Juli mendatang.

AS saat ini tengah memimpin pembicaraan damai dengan Taliban untuk mencari terobosan dalam mengakhiri konflik yang berkecamuk di Afghanistan.

Tetapi Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg memperingatkan menentang penundaan dalam melibatkan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani dalam proses tersebut.

Menurutnya, perdamaian abadi di Afghanistan tidak akan mungkin tercapai tanpa melibatkan pemerintahan Ghani.

Washington bulan lalu juga telah menggelar pembicaraan dengan para pejabat Taliban di Qatar sebagai upaya meyakinkan gerilyawan untuk mau bernegosiasi dengan pemerintah Afghanistan.

"Sangat penting bahwa pemerintah Afghanistan sesegera mungkin dilibatkan sepenuhnya dalam proses perdamaian."

"Tanpa itu tidak ada ada perdamaian abadi dan tidak ada institusi yang kuat untuk memastikan perjanjian damai sepenuhnya ditegakkan," kata Stoltenberg.

Pekan lalu, Taliban juga dikabarkan telah mengadakan pembicaraan terpisah di Moskwa, Rusia dengan delegasi senior politisi Afghanistan, termasuk beberapa saingan politik Ghani.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/15/11290041/pentagon--as-tidak-akan-menarik-pasukan-secara-sepihak-dari-afghanistan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke