Salin Artikel

El Chapo Bakal Ditempatkan di Penjara Berjuluk "Alcatraz di Pegunungan Rocky"

Mantan bos kartel narkoba berbahaya dunia Sinaloa itu terancam menghuni penjara seumur hidup setelah berton-ton kokain maupun heroin ke Amerika Serikat (AS).

Dia juga terbukti bersalah atas pencucian uang serta kepemlikan senjata dalam persidangan yang telah berlangsung selama tiga bulan itu.

Mike Virgil, Mantan Kepala Operasi Internasional Badan Anti-narkoba AS (DEA) berkata, keputusan juri Pengadilan New York merupakan kemenangan bagi hukum.

"Chapo Guzman adalah raja narkoba paling menakutkan di dunia, melebihi Pablo Escobar malah," ucapnya dikutip AFP Rabu (13/2/2019).

Penjabat Jaksa Agung AS Matthew Whitaker mengatakan, kasus Guzman menunjukkan komiteman dan keuletan AS dalam menangkal narkoba.

Dilansir New York Post, penegak hukum AS tidak ingin gembong narkoba berusia 61 tahun itu bisa melarikan diri seperti yang dilakukannya di penjara Meksiko.

El Chapo pernah lolos dari penjara pada 2001, dan sempat buron selama 13 tahun sebelum ditangkap pada 2014, dan lolos lagi pada 2015.

Karena itu, dia dilaporkan bakal dijebloskan ke penjara dengan keamanan super maksimum (ADX) berjuluk "Alcatraz di Pegunungan Rocky" di Florence, Colorado.

Pengacara Chapo, Jeffrey Lichtman menuturkan, jika dia dibawa ke ADX Florence, itu lebih baik dibanding tempat penahanannya saat ini.

Selama dua tahun terakhir, Chapo dipenjara sendirian di Pusat Hukuman Metropolitan di Manhattan. Lichtman berujar, kliennya itu tidak mendapat sinar matahari.

Pengacaranya yang lain, William Purpura menjelaskan, setidaknya di Florence Chapo bisa mendapat kesempatan untuk berolahraga.

"Dia setidaknya bisa berlari selama dua jam untuk mempertahankan kebugarannya. Meski namanya penjara dengan keamanan maksimum, dia bakal jauh lebih bebas," terang Purpura.

Sidang vonis Chapo direncanakan bakal digelar pada 25 Juni mendatang. Setelah itu, Biro Penjara AS yang akan memutuskan di mana dia bakal ditempatkan selamanya.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/13/11524281/el-chapo-bakal-ditempatkan-di-penjara-berjuluk-alcatraz-di-pegunungan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke