Salin Artikel

Nama Putri Ubolratana Resmi Dicoret sebagai Kandidat PM Thailand

Keputusan ini juga sekaligus mengakhiri kedekatan politik singkat antara Ubolratana dengan sebuah partai yang terkait dengan klan Shinawatra yang amat kuat.

Diskualifikasi ini terjadi hanya beberapa hari setelah pernyataan resmi kerajaan yang mengecam rencana Ubolratana itu.

Ketidakpastian terjadi di Thailand sejak Jumat pekan lalu ketika Partai Thai Raksa Chart mengumumkan Putri Ubolratana, kakak Raja Maha Vajiralongkorn, sebagai kandidat partai untuk menduduki kursi perdana menteri.

Diusungnya nama Ubolratana di mata beberapa orang merupakan kesepakatan bawah tangan dengan Thaksin Shinawatra, miliarder sekaligus mantan perdana menteri yang kini mengasingkan diri.

Namun, sebuah perintah kerajaan langsung dari Raja Vajiralongkorn mematikan aspirasi politik tak terduga itu.

Raja bersikukuh, keluarga kerajaan harus berada di atas kepentingan politik dan menggambarkan pencalonan Ubolratana itu amat tidak pantas.

Keluarga kerajaan Thailand yang amat kuat ini sangat dihormati rakyatnya dan dilindungi undang-undang anti-penistaan yang amat keras.

Bagi warga Thailand, apa pun perkataan raja dianggap sebagai sebuah titah yang sudah final.

Itulah yang terjadi, titah raja kemudian berujung para keputusan komisi pemilu yang mendiskualifikasi Ubolratana.

"Komisi pemilu hari ini mengumumkan mencoret nama kandidat Putri Ubolratana yang diusung partai Thai Raksa Chart," demikian pernyataan komisi pemilihan umum.

Meski amat singkat, niat Putri Ubolratana menjadi perdana menteri memanaskan dunia peropolitikan Thailan menjelang pemilu pada 24 Maret mendatang.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/11/18373881/nama-putri-ubolratana-resmi-dicoret-sebagai-kandidat-pm-thailand

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke