Salin Artikel

Dokter di Venezuela Desak Maduro Izinkan Masuknya Bantuan Kemanusiaan

Kebijakan Maduro disambut protes oleh kalangan dokter yang menggelar unjuk rasa pada Minggu (10/2/2019) di pintu masuk jembatan yang berbatasan dengan Kolombia.

Diwartakan Time, lebih dari 50 dokter melintasi perbatasan untuk mendesak pemerintah mengizinkan bantuan kemanusiaan agar masuk.ke Venezuela.

Sambil membawa bendera Venezuela raksasa, puluhan dokter mengenakan jubah putih meminta militer menyingkirkan sebuah tanker dan dua peti kemas yang dipakai untuk menghalangi Jembatan Internasional Tienditas.

Seorang psikiater yang ikut unjuk rasa, Katia Diaz, mengatakan setiap harinya bantuan menunggu untuk dibawa ke Venezuela.

"Peti kemas itu wujud arogansi seorang diktator," katanya.

"Itu menunjukkan kurangnya rasa kemanusiaan, belas kasih atas penderitaan rakyat kita," ucapnya.

Melansir dari kantor berita AFP, pemimpin oposisi Venezeula Juan Guaido memperingatkan militer bahwa memblokir bantuan kemanusiaan merupakan pelanggaran terhadap kemanusiaan.

Seperti diketahui, bantuan obat-obatan dan makanan yang dikirim oleh Amerika Serikat telah menunggu selama tiga hari di perbatasan di Cucuta, Kolombia.

"Ada banyak orang yang bertanggung jawab atas ini dan rezim harus mengetahuinya," ujar Guaido.

"Ini merupakan pelanggaran terhadap kemanusiaan, para pasukan bersenjata," tuturnya.

Menurut Guaido, rezim pemerintahan Maduro menolak mengakui krisis yang terjadi padahal warga Venezuela memerlukan bantuan kemanusiaan segera.

Sebelumnya, Maduro menilai masuknya bantuan kemanusiaan ke negeranya akan membuka jalan bagi invasi militer AS.

Dia berulang kali menuding AS berusaha untuk menggulingkan pemerintahannya. Maduro bahkan berupaya mengumpulkan 10 juta tanda tangan untuk melawan "aksi intervensi Trump".

"Rezim Maduro harus membiarkan bantuan sampai ke orang-orang yang kelaparan," kicau Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Twitter.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/11/16204311/dokter-di-venezuela-desak-maduro-izinkan-masuknya-bantuan-kemanusiaan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke