Salin Artikel

Upaya Kudeta terhadap Pemimpin ISIS Dikabarkan Berlangsung Sengit

Si saksi tersebut, Jumah Hamdi Hamdan, mengatakan, bentrokan antara pelaku kudeta dan pengawal Baghdadi terjadi di Keshma, sebuah desa dekat Baghouz.

Kepada The Guardian, Minggu (10/2/2019), Hamdan mengungkapkan pelaku yang merupakan anggota asing ISIS itu berusaha menangkap Baghdadi pada September 2018.

"Saya menyaksikannya dengan mata kepala sendiri. Pertempurannya berlangsung sengit. Kebanyakan dari pelaku merupakan orang Tunisia," ungkap Hamdan.

Saksi berumur 53 tahun itu melanjutkan, banyak yang terbunuh dalam pertempuran yang berlangsung selama dua hari tersebut.

Baghdadi kemudian berpindah ke Baghouz sebelum melarikan diri ke kawasan gurun di awal Januari. Pernyataan itu mendapat dukungan dari intelijen regional.

Sementara pejabat senior dari Pasukan Demokratik Suriah (SD) berujar, si pelaku didukung anggota asing lain dari Maroko dan Aljazair.

Komandan garis depan di Baghouz dengan nama gerilya Adnan Afrini itu mengatakan, mereka tidak berpikir Baghdadi bakal di Keshma setelah insiden tersebut.

"Pertempuran antara pelaku kudeta dan pengawal Baghdadi sangat sengit. Kelompok penyerang itu dikepung, dan akhirnya dieksekusi," kata Afrini.

Hamdan menuturkan, Baghdadi dan pengawalnya berada di kawasan sekitar Keshma dan Baghouz selama enam bulan sebelum melarikan diri.

Selama di sana, Baghdadi dikatakan jarang bepergian serta berusaha bersikap wajar. "Namun, kami tahu dia ada di sana karena menggunakan mobil Opal merah," ujarnya.

ISIS kemudian mengumumkan hadiah uang bagi penangkap Abu Muath al-Jazairi yang diduga merupakan dalang utama upaya kudeta tersebut.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/11/09173521/upaya-kudeta-terhadap-pemimpin-isis-dikabarkan-berlangsung-sengit

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke