Salin Artikel

Saat Tahun Baru Imlek, China dan Taiwan "Perang" Propaganda Militer

Awalnya, Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) merilis video pada Minggu (3/2/2019) yang memperlihatkan pemandangan terkenal di seluruh Taiwan.

Diwartakan CNN Rabu (6/2/2019), pemandangan tersebut digabungkan dengan tayangan jet tempur dan pesawat pembom China ketika melesat di angkasa.

Video propaganda itu berjudul "Elang Pejuangku Terbang di Sekitar Taiwan" dengan lirik latar yang meminta mereka untuk "kembali".

Militer Taiwan kemudian merespon dengan mengunggah video dramatis di Facebook berisi prajurit, persenjataan, hingga ledakan.

Dalam video tersebut, militer Taiwan menambahkan keterangan bahwa mereka bakal selalu siap 24 jam sehari dalam satu pekan.

"Banyak tentara pria dan perempuan bakal melewatkan acara Tahun Baru dengan makan malam bersama keluarga. Namun mereka tidak akan absen melindungi negara ini," tegas Taiwan.

Beijing memberikan tekanan baik ekonomi maupun militer kepada Taiwan yang masih dianggap sebagai wilayahnya meski sudah 70 tahun terpisah.

Pada Januari lalu, Presiden China Xi Jinping memperingatkan Taiwan untuk reunifikasi secara damai, dan menentang adanya kemerdekaan.

Sejak awal tahun, artikel di harian China berulang kali mengulas kebijakan PLA yang melakukan perekrutan dan mengembangkan teknologi militernya.

Analis militer Carl Schuster menyatakan, propaganda yang dirilis PLA tidak saja ditujukan bagi Taiwan, namun juga komunitas internasional.

"Video itu berusaha menunjukkan Taiwan tidak bisa menandingi China. Bahkan Amerika Serikat (AS) tidak akan datang membantu," ujar mantan Kapten Angkatan Laut AS itu.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/06/20314241/saat-tahun-baru-imlek-china-dan-taiwan-perang-propaganda-militer

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke