Salin Artikel

Maduro Samakan Trump sebagai "Ketua Geng Ku Klux Klan"

Negara seperti Amerika Serikat (AS), Inggris, Jerman, dan Perancis menyatakan dukungan kepada pemimpin oposisi Juan Guaido yang mendeklarikan diri sebagai presiden sementara.

Dalam wawancara dengan Sky Italia dikutip Sky News Senin (4/1/2019), Maduro bersumpah bakal mengacuhkan segala tekanan yang memintanya mundur.

Pemimpin sosialis berusia 56 tahun itu mengaku sudah menulis surat kepada Paus Fransiskus untuk memfasilitasi dan memperkuat dialog guna mencari solusi.

Maduro menyatakan dia akan menentang segala langkah yang bisa membuatnya mundur, dan berkata Presiden AS Donald Trump berniat membuat Venezuela sebagai "Vietnam Baru".

Dia mengatakan baik Eropa maupun masyarakat dunia harus mengetahui Gedung Putih saat ini dikuasai orang yang disebutnya eksremis.

"Ini seperti Ku Klux Klan datang (KKK) datang ke Gedung Putih, dengan Trump sebagai ketua geng dan dikelilingi sekelompok orang yang disebut tim Vietnam," kata Maduro.

Dia mengklaim Wakil Presiden Mike Pence, Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo adalah bagian dari "supremasi" kelompok tertentu.

Pemimpin yang berkuasa pada 2013 setelah kematian Hugo Chavez itu menuduh mereka semua berkonspirasi untuk menjatuhkan Venezuela.

Termasuk di dalamnya adalah laporan bahwa menggunakan intervensi militer merupakan bagian dari pertimbangan Trump.

Dia menuturkan tidak akan membiarkan "perang gila" masuk ke negaranya, dan menegaskan rakyat maupun militer tidak akan membiarkan adanya intervensi AS.

"Ini adalah tanah Simon Bolivar yang angkat senjata dan membebaskan Amerika Latin ratusan tahun lalu. Ini adalah tanah penuh kebanggaan dan partiotisme," tegasnya.

Bolivar merupakan tokoh revolusi yang membantu membebaskan sejumlah negara Amerika Selatan, termasuk Venezuela, dari jajahan Spanyol pada abad ke-19.

Pekan lalu, Guaido meminta kepada Eropa untuk membantunya dengan mengakuinya sebagai presiden sementara, dan mengangkat perekonomian Venezuela.

Di bawah kendali Maduro, Venezuela mengalam hiperinflasi serta kekurangan pasokan bahan makanan maupun obat-obatan.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/05/14191031/maduro-samakan-trump-sebagai-ketua-geng-ku-klux-klan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke