Salin Artikel

Kereta Api Ekspres Tergelincir di India, Enam Orang Tewas

Sebuah rangkaian kereta api ekspres dilaporkan tergelincir keluar rel dan menewaskan enam penumpang.

Melansir dari India Today, rangkaian kereta api Seemanchal Express dengan sembilan gerbong yang berangkat dari Anand Vihar menuju Jogbani.

Rangkaian kereta tergelincir dan keluar rel di distrik Vaishali, dekat stasiun Sahadai Buzurg, sekitar 30 kilometer arah timur ibu kota Patna, negara bagian Bihar.

Lebih dari 20 orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka.

"Enam orang dilaporkan tewas di lokasi kecelakaan dan sekitar 24 orang lainnya cedera," kata juru bicara Perkeretaapian India, Rajesh Kumar, kepada AFP.

Tayangan dari stasiun televisi lokal menunjukkan kerumunan warga yang berkumpul di dekat lokasi kecelakaan, sementara tim darurat bekerja mengosongkan gerbong kereta api yang terbalik.

Tim penyelamat juga mengerahkan anjing pelacak dan menyusuri kereta yang terbalik untuk mencari penumpang yang terjebak.

Dilansir AFP, saat insiden terjadi, sebagian besar penumpang sedang dalam kondisi tertidur dengan kecepatan kereta api mencapai 55 kilometer per jam.

"Saya sedang tidur saat tiba-tiba terdengar suara dentuman keras dan seketika saya sudah berada di bawah tumpukan tas," kata salah seorang penumpang selaman, Mahesh Kumar kepada wartawan.

Hasil penyelidikan awal yang dikeluarkan Indian Railways menyebutkan, kecelakaan terjadi disebabkan adanya retakan pada rel kereta api.

Perusahaan kereta api menjanjikan bakal menggelar penyelidikan menyeluruh atas kecelakaan itu, yang terjadi hanya beberapa hari setelah Pemerintah India mengumumkan akan meningkatkan segi keamanan dalam transportasi kereta api.

Sementara, Kementerian Perkeretaapian India mengumumkan akan memberikan kompensasi uang tunai hingga 500.000 rupee (sekitar Rp 97 juta) kepada kerabat korban meninggal.

Menteri Perkeretaapian, Piyush Goyal, pada Jumat (1/2/2019), menyatakan akan meningkatkan segi keselamatan kereta api di India, setelah serangkaian kecelakaan mematikan yang terjadi di negara itu.

Salah satunya dengan menghapuskan perlintasan kereta api yang tidak berpalang dan tidak dijaga di seluruh India.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/03/16463381/kereta-api-ekspres-tergelincir-di-india-enam-orang-tewas

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.