Salin Artikel

Istri El Chapo: Lama Tak Bertemu Tak Mengurangi Cinta Saya kepada Dia

"Segala kesaksian yang diucapkan kepada Joaquin, baik ataupun jahat, tak mengurangi penilaian saya kepadanya," kata Emma Coronel di Instagram.

Dilansir AFP Sabtu (2/2/2019), El Chapo yang berarti Si Pendek dituduh menyelundupkan ratusan ton narkoba ke Amerika Serikat (AS) dalam 25 tahun terakhir.

Mantan bos kartel narkoba terkenal Meksiko Sinaloa itu sempat dua kali kabur dari penjara sebelum tertangkap, dan diserahkan kepada AS dua tahun lalu.

Telah menjalani tiga bulan persidangan, pada Senin (28/1/2019) juri Pengadilan Brooklyn mulai membahas dakwaan yang diajukan kepada El Chapo.

Jika terbukti bersalah, gembong kelahiran La Tuna berusia 61 tahun tersebut terancam mendekam seumur hidup dalam penjara.

"Saya tidak perlu merasa malu dengan kejadian ini," ujar Coronel dalam unggahan berbahasa Spanyol tersebut. Dia memberikan pujian kepada El Chapo.

Baginya, sosok pria yang telah menikah dengannya sejak 2007 itu adalah ayah, suami, saudara, putra, dan pasangan yang baik.

Perempuan 29 tahun itu juga menjalani persidangan karena didakwa tidak hanya membantu pelarian sang suami. Namun juga menyaksikan kebrutalan El Chapo.

Saksi baik dari mantan pengawal maupun kolega El Chapo membeberkan, mereka sering menggunakan Coronel untuk menyisipkan pesan berisi rencana kabur.

Selain selama sidang, hakim memutar rekaman percakapan telepon Coronel dan El Chapo, di mana dia sering menyerahkannya kepada sang ayah.

El Chapo biasanya bakal memberi tahu mertuanya itu mengenai pengiriman narkoba yang bakal diberangkatkan menuju AS.

Demi alasan keamanan, keduanya tidak diizinkan untuk saling berbicara, dan hanya boleh melambai dan melemparkan pandangan di ruang sidang.

Coronel menegaskan dia tidak akan mengkhianati El Chapo, dan berterima kasih kepada barisan tim pengacara yang sudah bekerja keras membantu mereka.

"Meski kami sudah lama tidak bertemu, fakta itu tak mengurangi cinta saya kepadanya. Kami bakal selalu saling bergantung," katanya dikutip New York Post.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/02/13420941/istri-el-chapo-lama-tak-bertemu-tak-mengurangi-cinta-saya-kepada-dia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke