Salin Artikel

Toko Khusus Produk Korea Utara akan Segera Dibuka di Rusia

Diberitakan kantor berita Rusia, Interfax, toko khusus tersebut bakal menjadi pemasok resmi untuk barang-barang produksi Korea Utara.

"Sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam produk-produk Korea Utara akan segera didirikan di Rusia," ujar Wakil Menteri Pengembangan Timur Jauh Rusia, Alexander Krutikov, seperti dikutip United Press International, Kamis (31/1/2019).

Krutikov menambahkan, untuk rincian bisnis tersebut akan dibahas dalam rapat komite kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Rusia dengan Korut yang akan digelar di Moskwa, pada Rabu (6/2/2019) pekan depan.

Krutikov juga mengatakan kepada media lokal bahwa Rusia tidak menutup kemungkinan akan memberi izin kepada warga Korea Utara untuk membuka toko serupa di Moskwa.

Korea Utara masih dalam sanksi berat yang melarang perdagangan, mencakup bahan-bahan yang berhubungan dengan senjata.

Bahkan baru-baru ini embargo telah mulai diterapkan untuk barang mewah, aset keuangan, hingga transaksi perbankan.

Kendati antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Rusia Vladimir Putin belum pernah saling bertemu, hubungan antara kedua negara telah semakin berkembang sejak 2018.

Pertemuan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara kedua negara pada Februari mendatang menjadi yang kesembilan digelar Rusia dengan Korut dalam satu dekade terakhir.

Sebelumnya, pertemuan kedelapan telah digelar Maret tahun lalu di Pyongyang.

Kedua negara saat ini juga sedang membahas rencana pembangunan jembatan penghubung antara stasiun Khasan di Rusia Timur Jauh dengan stasiun Sungai Tumen di Korea Utara.

Rusia dikabarkan juga sempat menawarkan bantuan lain kepada Pyongyang, yakni untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di Korea Utara, namun dengan imbalan pembongkaran persenjataan nuklir. Demikian dilaporkan The Washington Post.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/01/16111211/toko-khusus-produk-korea-utara-akan-segera-dibuka-di-rusia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke