Salin Artikel

Dampak Polar Vortex di AS, dari Gempa Salju hingga Garpu Mengambang

Gempa es

Cryoseisms, juga disebut "gempa es", dilaporkan terjadi di Negara Bagian Ohio dan Pennsylvania. Warga di dua kawasan itu mendengar suara letupan dari dalam tanah.

"Gempa" itu terjadi ketika embun dari salju serta hujan menyusup ke dalam tanah. Kemudian, perubahan suhu yang tiba-tiba menyebabkan lapisan es mengembang dan menimbulkan suara letupan.

"Bunyinya seperti perabot besar tiba-tiba jatuh," kata Michelle Tebbetts, warga Dillsburg, Pennsylvania, kepada WHP-TV.

"Gempa es ini bunyinya seperti letupan atau ledakan kemudian kami merasakan sedikit guncangan di dalam rumah," timpal Steven Tebbetts.

Warga Amerika jadi 'lemah'?

Gubernur Kentucky, Matt Bevin, mengeluhkan penutupan sekolah-sekolah ketika suhu mencapai minus 14 derajat Celsius.

"Apa yang terjadi dengan warga Amerika? Kita menjadi lemah," sebut kader Partai Republik itu.

"Saya sedikit bercanda. Namun, saya cukup khawatir bahwa dalam hal ini kita mengirimkan pesan kepada anak-anak muda bahwa jika hidup sulit kamu bisa memeluk diri seperti janin di dalam kandungan, ke tempat yang lebih hangat, dan menunggu sampai situasinya tidak lagi sulit. Tapi kenyataan hidup tidak seperti itu," tambahnya.

"Kami selalu mendukung keputusan yang dibuat untuk kesehatan dan keselamatan anak-anak Kentucky. Selalu."

Pakar meteorologi dari saluran berita NBC, Al Roker, mengecam Bevin sebagai "gubernur pandir". Sejumlah kalangan turut angkat bicara di media sosial, menantang Bevin menghabiskan lebih dari 15 menit di luar ruangan.


Rel kereta api dibakar

Rel kereta api komuter di Chicago sengaja dibakar para karyawan perusahaan kereta api guna mencegah rel membeku sehingga kereta api bisa tetap bergerak.

"Pada dasarnya, api itu berasal dari pemanas bertenaga gas. Jadi sebenarnya Anda sedang melihat mesin pemanggang raksasa bertenaga gas," ujar juru bicara Metra Commuter Rail, Mel Riele, kepada Chicago Tribune.

Nyala api dari pembakaran itu, menurutnya, mencegah logam berkontraksi. Sebab, jika dibiarkan, rel kereta api dapat retak serta baut dan mur copot.

Warga AS di 10 negara bagian tidak akan mendapat surat atau paket pos karena Perusahaan Pos AS memutuskan untuk menghentikan layanan pengantaran.

Ini bukan pertama kalinya layanan pengantaran surat dihentikan karena cuaca buruk. Penghentian biasanya terjadi jika salju dalam jumlah banyak menumpuk di jalan.

Padahal, slogan tak resmi Perusahaan Pos AS adalah: "Baik itu salju atau hujan atau panas atau malam mendung tak menghentikan kurir-kurir ini dari merampungkan tugas mereka dengan gesit".

Tidak boleh bicara di luar rumah!

Dinas Cuaca Nasional (NWS) memperingatkan masyarakat di negara bagian Iowa untuk "menghindari menarik napas panjang" dan "meminimalkan bicara" saat berada di luar ruangan.

"Angin yang kering dan sangat dingin dapat mengiritasi paru-paru, menyebabkan napas pendek, dan memicu serangan asma bagi mereka yang mengidap penyakit paru-paru, seperti asma," kata Asosiasi Paru-Paru Amerika.

Kalaupun warga harus ke luar ruangan, para pakar menyarankan agar menutup wajah dan mulut menggunakan kain guna menghangatkan udara yang dihirup.


Beruang kutub seperti berada di habitat

Kebun Binatang Buffalo di negara bagian New York ditutup akibat cuaca dingin. Tapi, hal ini justru dinikmati salah satu penghuninya, beruang kutub bernama Sakari.

Kebun Binatang Brookfield dan Kebun Binatang Lincon Park di Chicago ditutup dan sebagian besar hewan akan dimasukkan ke dalam ruangan,

Namun, hal itu tidak berlaku bagi hewan-hewan yang habitatnya memang bercuaca sangat dingin, seperti rubah kutub dan penguin.

Di media sosial, sejumlah warganet memperlihatkan rekaman video saat mereka melemparkan air mendidih ke udara. Alih-alih jatuh ke tanah dalam bentuk cair, air panas itu tiba-tiba berubah menjadi kristal yang tampak seperti uap di tengah udara kering.

Lainnya menunjukkan bagaimana cara mengisi pistol air dengan air mendidih untuk menciptakan fenomena alam.

Ingin tahu seberapa dingin suhu di Kota Chicago? Seorang warganet memperlihatkannya dengan mengunggah foto garpu yang membeku saat sedang menyantap semangkuk mi panas.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/01/13380261/dampak-polar-vortex-di-as-dari-gempa-salju-hingga-garpu-mengambang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke