Salin Artikel

Ketika Trump Minta "Global Warming" untuk Turunkan Suhu Minus 52 Derajat Celsius

Dikutip media India ANI via Economic Times, Trump menuturkan bahwa di kawasan Midwest, suhu udara hampir mencapai minus 60 derajat Celsius.

Trump menyebut suhu itu merupakan paling dingin yang pernah tercatat, dan terancam lebih dingin lagi dalam beberapa hari ke depan.

"Orang-orang bahkan tak bisa berada di luar lebih dari satu menit. Ada apa dengan Global Waming? Cepatlah kembali, kami membutuhkanmu!" kicau Trump.

Kemudian, dia meminta Global Warming untuk datang dan mencairkan suhu dingin ekstrem tersebut yang membuat netizen bereaksi.

"Apa Anda benar-benar tak tahu soal perubahan iklim? Pernahkah Anda membaca satu buku saja sepanjang hidup Anda?" tanya netizen bernama Ed Krassenstein.

"Kita tidak akan pernah menemukan presiden seperti ini lagi. Saya benar-benar menikmati masa jabatannya," imbuh warganet dengan akun Chad.

"Anda bercanda, bukan? Anda tentu tahu Global Warming berarti cuacanya bisa lebih dingin bagi Midwest indah ini," ujar netizen lainnya.

Sementara Badan Atmosfer dan Kelautan Nasional (NOAA) merespons twit Trump dengan ilustrasi yang menunjukkan meski Bumi menghangat, bukan berarti tidak terjadi suhu dingin.

Ilustrasi dari NOAA menunjukkan, temperatur lautan yang hangat sebagai teh poci yang kemudian membentuk kelembaban ketika berhadapan dengan badai musim dingin.

Fenomena polar vortex atau pusaran kutub yang merupakan kumpulan udara di bawah suhu beku membuat wilayah di Amerika Serikat lebih dingin dari Antartika.

Suhu di negara bagian North Dakota mencapai 32 derajat di bawah nol Celsius, dan minus 52 derajat Celsius tercatat di Minnesota.

Laporan AFP menyebutkan, korban tewas terkait cuaca dingin ekstrem dan badai salju bertambah menjadi 10 orang hingga sejauh ini.

Kebanyakan korban tewas berasal dari Michigan. Di antara 10 korban, salah satunya mahasiswa Iowa University berusia 18 tahun.

Dia ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di belakang gedung kampus pada Rabu lalu, saat suhu mencapai minus 46 derajat Celsius.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/01/13020581/ketika-trump-minta-global-warming-untuk-turunkan-suhu-minus-52-derajat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke