Salin Artikel

Turki Terbitkan Surat Penangkapan 46 Pilot Militer, Diduga Terlibat Kudeta 2016

Di antara para tersangka tersebut, sebanyak 46 adalah pilot militer yang masih aktif. Demikian disampaikan kantor kepala jaksa penuntut di Ankara, seperti dilansir AFP.

Penerbitan surat penangkapan tersebut sebagai bagian dari investigasi yang dilakukan jaksa penuntut terjadap Organisasi Teror Fethullah, atau FETO, julukan yang digunakan pihak berwenang untuk menyebut kelompok yang diduga berada di belakang kudeta 2016.

Selain puluhan pilot militer aktif, surat penangkapan juga diterbitkan untuk dua mantan pilot dan 15 warga sipil yang diduga bekerja untuk FETO.

Setelah keluarnya surat penangkapan, petugas kepolisian kini bergerak untuk menangkap para tersangka.

Turki menuduh seorang ulama yang berbasis di AS, Fethullah Gulen dan gerakannya sebagai pihak yang memerintahkan upaya kudeta di Ankara pada 2016 lalu.

Tuduhan itu telah berulang kali dibantah dengan keras oleh Gulen maupun gerakan yang dipimpinnya.

Puluhan ribu orang dilaporkan telah ditangkap otoritas Turki sebagai wujud tindakan keras terhadap gerakan pemberontakan, serta upaya memberantas pengaruh gerakan Gulen di Turki.

Dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah aksi penggerebekan telah mengalami peningkatan jika dibandingkan sebelum-sebelumnya, di mana dilaporkan ada penangkapan yang dilakukan hampir setiap hari di seluruh penjuru Turki.

Otoritas Turki mengatakan, langkah "pembersihan" diperlukan demi menghapuskan "virus" pemberontak dari upaya menginfiltrasi lembaga negara dengan gerakan Gulen.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/30/21435941/turki-terbitkan-surat-penangkapan-46-pilot-militer-diduga-terlibat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke