Salin Artikel

Pesawat Penumpang Rusia Tertangkap Kamera di Bandara Venezuela

Pemandangan yang tak biasa itu pun langsung dikait-kaitkan dengan dukungan Presiden Rusia Vladimir Putin terhadap Pemimpin Venezuela yang dikecam banyak negara, Nicolas Maduro.

Pesawat berkapasitas 400 penumpang tersebut adalah milik Nordwind Airlines, dan terlihat terparkir di Bandara Simon Bolivar di Caracas.

Menurut data pelacakan penerbangan yang tersedia untuk publik, pesawat tersebut belum pernah mendarat di Caracas sebelumnya.

Pun demikian dengan maskapai Nordwind Airlines maupun penerbangan komersial lainnya yang tidak memiliki rute penerbangan langsung dari Moskwa ke Caracas.

Pihak Nordwind Airlines maupun Pemerintah Venezuela tidak segera memberikan tanggapan soal keberadaan pesawat penumpang Rusia itu di Caracas.

Berbagai teori dan dugaan pun muncul di media sosial, mulai dari pesawat yang digunakan untuk membawa tentara bayaran, akan membawa Maduro ke pengasingan, hingga disiapkan untuk mengangkut emas negara.

Walau demikian, tidak ada satupun dari dugaan tersebut yang didasari bukti, dan hanya sebatas spekulasi berdasarkan perkembangan situasi politik yang sedang memanas di negara itu.

Reuters memberitakan pekan lalu, bahwa kontraktor militer swasta yang melakukan misi rahasia untuk Rusia telah terbang ke Venezuela untuk memperkuat keamanan Maduro yang sedang menghadapi massa protes dari pendukung oposisi.

Surat kabar Rusia, Novaya Gazetta melaporkan bahwa pesawat tersebut hanya membawa dua kru dan tanpa penumpang.

Seorang anggota parlemen Venezuela, Jose Guerra, pada Selasa (29/1/2019), membuat pernyataan yang mengejutkan di akun Twitter-nya, dengan menyebut kedatangan pesawat Rusia itu bertujuan untuk mengangkut 20 ton emas dari bank sentral negara.

Namun saat diminta menunjukkan buktinya, Guerra hanya mengatakan bahwa dirinya mendapat informasi dari seorang kenalan.

Sebuah informasi dari sumber yang diklaim memiliki pengetahuan langsung tentang masalah ini bahkan mengatakan gubernur bank sentral Venezuela telah menyisihkan 20 ton emas bernilai sekitar 840 juta dollar AS (sekitar Rp 11,8 triliun), untuk diangkut.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/30/15160021/pesawat-penumpang-rusia-tertangkap-kamera-di-bandara-venezuela

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke