Salin Artikel

Media Korea Utara Desak Korsel Hentikan Agenda Latihan Militer

Surat kabar Rodong Sinmun menuliskan, latihan dan segala upaya penguatan militer dapat merusak suasana perdamaian dan dialog di Semenanjung Korea.

"Itu bukan sesuatu yang dapat dengan mudah diabaikan bahwa otoritas militer di Korea Selatan telah mengadakan latihan perang dari awal tahun ini dengan memobilisasi sejumlah besar pasukan," tulis Rodong Sinmun, surat kabar partai berkuasa di Utara, dalam artikelnya.

"Itu adalah tindakan militer berbahaya yang bertolak belakang dengan kecenderungan saat ini yang bergerak menuju rekonsiliasi, perdamaian, dan stabilitas rakyat kami," tambah surat kabar itu, seperti dilansir Yonhap News, Senin (28/1/2019).

Laporan itu menyinggung masalah latihan militer anti-terorisme dan latihan musim dingin yang digelar Korea Selatan baru-baru ini.

Selain mengecam latihan militer yang masih terus dilakukan Korsel, surat kabar itu juga mengkritik rencana peningkatan anggaran militer negara itu untuk tahun ini, bahkan berencana membawa jet tempur siluman pada akhir Maret.

Sebelumnya, dalam pidato Tahun Baru, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un juga meminta kepada Seoul untuk menghentikan latihan militernya dengan AS dan menuntut agar tidak ada persenjataan asing yang dibawa ke Semenanjung Korea.

Menurut surat kabar tersebut, latihan militer maupun segala upaya yang dilakukan untuk memperkuat militer Korsel adalah penyebab utama meningkatkan ketegangan dan kemungkinan pecahnya perang di Semenanjung Korea.

"Selama Utara dan Selatan menegaskan keinginan untuk bergerak menuju perdamaian dan kesejahteraan, segala bentuk latihan militer dan masuknya peralatan perang dari luar sudah sepantasnya dihentikan," tulis surat kabar itu.

Media propaganda Korea Utara, Uriminzokkiri, turut memperingatkan bahwa konfrontasi militer yang terjadi antara kedua Korea akan menyebabkan peningkatan ketegangan lintas perbatasan dan mengancam berakhirnya hubungan dua negara.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/28/18012941/media-korea-utara-desak-korsel-hentikan-agenda-latihan-militer

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke