Salin Artikel

Ikuti AS, Israel Akui Pemimpin Oposisi sebagai Presiden Venezuela

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Minggu (27/1/2019).

Melansir Times of Israel, langkah itu disebut sebagai upaya yang akan menyenangkan pemerintahan Amerika Serikat, namun dapat menimbulkan masalah bagi komunitas Yahudi di Venezuela.

"Israel bergabung dengan AS, Kanada, sebagian besar negara Amerika Latin dan Eropa dalam mengakui kepemimpinan baru di Venezuela," ucap Netanyahu.

Seperti diketahui, Presiden AS Donald Trump secara terbuka mendukung pemaksaan mundurnya Maduro sebagai presiden di negara yang sedang dilanda krisis ekonomi itu.

Trump menyatakan dukungannya kepada Guaido, yang telah menyatakan diri sebagai presiden sementara Venezuela.

Langkah Israel mendapat pujian dari Duta Besar AS untuk Israel David Friedman. Dia menyebut, negara itu berdiri bersama rakyat Venezuela dan kekuatan kebebasan serta demokrasi.

Selain Israel, Perancis dan Inggris pada Sabtu (26/1/2019) bergabung dengan Spanyol dan jerman dalam meningkatkan tekanan terhadap Maduro.

Negara-negara di Eropa itu turut mengikuti AS dan yang lainnya dalam mengakui Guaido, kecuali Venezuela mengadakan pemilu presiden baru dalam 8 hari ke depan.

Guaido pada Rabu lalu menyatakan diri sebagai pemimpin Venezuela dengan menyebut pemilu 2018 yang memenangkan Maduro merupakan penipuan.

Tudingan tersebut juga didukung oleh AS, Uni Eropa, dan banyak negara lainnya.

Langkah Guaido mendapat kecaman dari pemerintahan Maduro, meski protes di dalam negeri terus berlangsung selam bertahun-tahun, akibat krisis yang dipicu jatuhnya harga minyak dan kesalahan manajemen pemerintah.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/28/08360131/ikuti-as-israel-akui-pemimpin-oposisi-sebagai-presiden-venezuela

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke