Salin Artikel

Dapat Izin Israel, Uang Bantuan Qatar Segera Dikirim ke Jalur Gaza

Diberitakan media Israel, Kamis (24/1/2019), kabinet keamanan negara itu telah setuju untuk mengizinkan uang dari Qatar untuk segera dikirim ke Gaza, setelah sempat diblokade sementara, meski belum ada konfirmasi resmi.

Menurut sebuah sumber, Duta Besar Qatar untuk Gaza, Mohammed al-Emadi, telah memasuki Jalur Gaza melalui penyeberangan Erez dari Israel pada Rabu (23/1/2019) malam.

Namun dia datang tanpa membawa uang 15 juta dollar (sekitar Rp 212 miliar), yang akan digunakan untuk membayar gaji para pegawai Hamas dan memberi bantuan kepada warga miskin di Gaza.

"Kami mengharapkan pencairan dana ketiga akan diizinkan memasuki Gaza dalam beberapa hari mendatang," kata sumber tanpa memberi rincian lebih lanjut.

Dana tersebut merupakan bagian dari bantuan yang diberikan untuk Jalur Gaza senilai total 90 juta dollar (sekitar Rp 1,3 triliun), yang dibayarkan secara bertahap selama enam bulan, masing-masing sebesar 15 juta dollar.

Pembayaran telah dimulai sejak November 2018 lalu dan pengiriman bulan ini adalah untuk kali ketiga.

Pemberian dana bantuan dari Qatar kepada Gaza itu sebagai salah satu kesepakatan gencatan senjata informal antara Hamas dengan Israel.

Namun konflik yang pecah pada Selasa (22/1/2019) hingga menyebabkan satu tentara Israel terluka dan seorang anggota militan Hamas tewas, memaksa otoritas Israel memblokir pengiriman uang bantuan tersebut.

Pengiriman dana bantuan dari Qatar, sesuai kesepakatan gencatan senjata, harus melalui Israel, karenanya izin otoritas setempat sangat dibutuhkan.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/24/18580351/dapat-izin-israel-uang-bantuan-qatar-segera-dikirim-ke-jalur-gaza

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke