Salin Artikel

Filipina Turunkan Usia Kriminal Anak Jadi Sembilan Tahun

Komite Majelis Peradilan menyetujui rancangan Undang-Undang Keadilan dan Kesejahteraan Remaja melalui pemungutan suara dengan perbandingan 9-1 pada Senin (21/1/2019).

Dalam pertemuan tertutup selama sekitar satu jam dengan pembicara Gloria Macapagal-Arroyo, yang berkomitmen untuk mendorong lolosnya rancangan undang-undang yang "mendukung" permintaan dari Presiden Rodrigo Duterte.

Presiden Duterte, pada satu kesempatan sempat menyampaikan bahwa usia minimum untuk seseorang didakwa di peradilan harus diturunkan, tanpa menyebut usia tertentu.

"Itu menjadi panggilan terhadap Kongres, karena Kongres lah yang akan membuat undang-undang. Presiden tidak secara khusus menyebutkan usia sembilan tahun. Hanya menurunkan saja."

"Kami tidak mempertanyakan kebijaksanaan anggota parlemen. Ini merupakan keputusan mereka," kata juru bicara kepresidenan, Salvador Panelo, Senin (21/1/2019), seperti dikutip Manila Bulletin.

Panelo menambahkan, dengan perkembangan teknologi saat ini, seorang anak berusia sembilan tahun sudah dapat memahami seperti halnya anak usia 12-15 tahun.

"Dari sudut pandang presiden, hukum saat ini telah dimanfaatkan pelaku kriminal untuk memanfaatkan anak-anak."

"Jadi menurut saya, presiden ingin agar amandemen dapat melindungi anak-anak," ujar Panelo, yang juga adalah penasihat hukum kepresidenan.

"Jika Anda memiliki undang-undang yang akan mengkriminalisasi kelompok anak-anak di usia itu, para pejahat tidak akan menggunakannya lagi karena itu akan sia-sia," tambahnya.

Pendapat serupa juga disampaikan Ketua Komite Peradilan Doy Leachon, yang menilai penurunan usai kriminal justru akan melindungi anak-anak.

"Sudah saatnya meloloskan RUU itu untuk melindungi anak-anak agar tidak digunakan oleh sindikat kriminal untuk menghindari hukuman," ujarnya seperti dikutip CNN.

Dukungan akan penurunan usai kriminal juga disampaikan pihak kepolisian yang mengatakan bahwa anak-anak dari usia 10 tahun telah digunakan sebagai kurir narkoba.

Sementara itu, kelompok-kelompok hak asasi manusia mengecam keputusan parlemen Filipina itu.

Seorang juru bicara mengatakan bahwa hukum akan menempatkan kegagalan institusi yang seharusnya melindungi anak-anak.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/22/20282801/filipina-turunkan-usia-kriminal-anak-jadi-sembilan-tahun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke